Header Ads

jasa

Kata Hidayat Nur Wahid, Jangan Sampai Kedaulatan Indonesia Hilang Gara-gara Hutang



Pariamankota,canangnews---- Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nur Wahid mengatakan jangan sampai kedaulatan Indonesia hilang gara-gara hutang yang terus membengkak ke luar negeri, sebutnya saat sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di BP Paud Dikmas Provinsi Sumbar, Desa Rawang, Pariaman , Minggu (25/3)
Total seluruh hutang Indonesia melalui info index jika digabungkan dengan hutang swasta sudah di atas 7000 triliun."Hutang pemerintah sendiri sekitar Rp 4700 triliun, ini suatu  hal yang  layak untuk dikritisi. Karena apa, ini merupakan janji kampanye dari Presiden ketika kampanye," ungkapnya.
Lebih dalam Ia menambahkan, bahkan ketika itu Jokowi berjanji tidak akan menambah hutang. "Bahkan ia (Jokowi) mengatakan, mendengar kata hutang waktu itu langsung mules," kata Hidayat..Hutang itu untuk apa. "Hutang jalan terus, tapi rakyat merasa kesejahteraan belum naik, lapangan kerja belum dibuka, pengangguran di mana-mana, bahkan banyak pemuda kita yang hengkang ke luar Indonesia. Jadi hutang itu untuk apa," katanya lagi.
Menurut Hidayat, ini sudah saatnya KPK untuk masuk menyelidiki. "KPK meneliti dulu, ini hutang Indonesia jatuhnya bagaimana dan ke mana, masa hutang yang segitu banyak, tapi kondisi ekonomi rakyat tidak naik".
"Nah persoalan hutang jika seandainya sudah akut tentu sangat membahayakan, karena banyak contoh negara di dunia kalau sudah akut akan hutang, kedaulatan negaranya jadi hilang," tutur Hidayat.
Sebut saja ada Anggola, Mozambik dan Srilangka, "bahkan Srilangka ketika berhutang ke China untuk membangun pelabuhan di negaranya, namun karena tidak bisa bayar akhirnya pelabuhan itu diambil alih oleh China.
Karena, jika hutang negara sudah akut dan tidak mampu membayarnya, kemudian terjadi seperti yang di negara Afrika tadi, inilah yang perlu kita waspadai," tegas Hidayat.
Ia pun memgatakan, pembangunan-pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui pinjaman keluar negeri, perlu diaudit.(Fir)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.