Header Ads

jasa

Bantu Keluarga Miskin, Dinsos P3A Bentuk 12 Kube Pesisir


Foto Arman Adek.
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Drg H Arman Adek SH MM

Paritmalintang, CanangNews – Berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman tahun ini membentuk 12 Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang dikhususkan untuk wilayah pesisir pantai. Tujuannya untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga miskin.

Kepala Dinsos P3A Drg H Arman Adek SH MM yang dihubungi wartawan, Senin (19/2/2018), menyebutkan ke-12 kelompok tersebut tersebar di kawasan pesisir, mulai dari Kecamatan Ulakan Tapakis sampai ke Kecamatan Batang Gasan.

Ia menjelaskan, pembentuknan Kube Pesisir tersebut karena selama ini program dari Kementerian Sosial itu hanya dirasakan oleh keluarga miskin yang tinggal di kawasan dataran tinggi Kabupaten Padang Pariaman.

Oleh karena itu, lanjut dia, pada tahun ini pemerintah setempat memokuskan pengembangan Kube di daerah pesisir agar pembagian program tersebut juga dirasakan oleh keluarga miskin di daerah dataran rendah.

Syarat dan besaran bantuan yang diterima Kube Pesisir, urai Adek, sama dengan kelompok yang ada di dataran tinggi, yaitu terdiri dari lima sampai 10 orang serta masing-masing kelompok mendapatkan dana sebesar Rp20 juta. Dana itu dapat digunakan untuk usaha seperti berdagang atau berternak.

"Terserah kelompok tersebut mau memilih usaha apa, yang penting usaha berjalan dan berdampak terhadap peningkatan pendapatan anggotanya," katanya lagi.

Dengan adanya penambahan 12 kelompok tersebut, maka jumlah Kube di daerah itu saat ini telah mencapai 72 kelompok dari sebelumnya 60 kelompok yang bergerak dalam berbagai bidang usaha.

Menurutnya, ke-60 kelompok tersebut selama ini dapat menjaga dan mempertahankan usahanya serta membantu anggotanya untuk meningkatkan pendapatan.
“Kita berharap ke-12 kelompok yang akan dibentuk dalam tahun ini juga dapat mengembangkan usahanya seperti kelompok sebelumnya,” pinta dia.

Arman menyebutkan, tahun 2015 daerah itu mendapatkan dana untuk Kube sebesar Rp800 juta, 2016 Rp1 miliar dan 2017 Rp1,2 miliar. Sedangkan untuk Kube Pesisir 2018 Rp240 juta.

Sebelumnya, Pemkab Padang Pariaman menyalurkan dana Kube dari Kementerian Sosial senilai Rp1,2 miliar untuk 2017 kepada 60 kelompok masyarakat di daerah itu.

"Masing-masing kelompok mendapatkan Rp20 juta yang digunakan untuk modal usaha mereka," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni saat menyerahkan dana Kube dan PKH (Program Keluarga Harapan – red) kepada warga setempat di Paritmalintang, Selasa (14/11).

Ia meminta warga yang tergabung ke dalam Kube untuk dapat memanfaatkan program tersebut dengan baik sehingga bisa meningkatan pendapatan anggotanya. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.