Header Ads

jasa

Alokasi Kursi Dapil Pasaman 2 Berkurang Saat Uji Publik KPU


Lubuk Sikaping, CanangNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman melaksanakan Uji Publik Usulan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Pasaman dalam Pemilihan Umum tahun 2019.

Acara yang diadakan di Arumas Hotel Lubuk Sikaping, Kamis 08/02/2018, ini di hadiri oleh 5 Komisioner KPU, Bawaslu Kabupaten Pasaman, Dinas Dukcapil, Polres Pasaman, Kodim 0305 Pasaman, Dinas Kesbangpol, Kabag Administrasi, Ketua LKAAM, Pimpinan Perguruan Tinggi yang ada di Lubuk Sikaping dan Pimpinan Partai Politik tingkat Kabupaten serta wartawan media cetak dan elektronik.

Dalam uji publik yang dipimpin oleh Ketua KPU Pasaman Jajang Fadli ini ada perbedaan yang cukup mendasar tentang alokasi kursi dan jumlah penduduk Kabupaten Pasaman jika dibandingkan dengan pemilu 2014 yang lalu. Data kependudukan Kabupaten Pasaman yang pada periode 2014 lalu tercatat 327.208 jiwa, namun pada uji publik usulan penataan dapil dan alokasi kursi kali ini data penduduk Pasaman tercatat hanya 315.470 jiwa.

Penurunan jumlah data kependudukan secara otomatis telah mempengaruhi jumlah alokasi kursi dapil (daerah pemilihan) Pasaman 2 yang awalnya 6 kursi sekarang menjadi berkurang menjadi 5 kursi, berkurangnya jumlah alokasi kursi dapil 2 justru berpindah ke dapil Pasaman 5 yang awalnya mendapatkan 5 alokasi kursi sekarang justru bertambah menjadi 6 alokasi kursi.

Menurut keterangan Rodi Andermi selaku divisi tekhnis komisioner KPU Pasaman,data dalam penataan dapil dan alokasi jumlah kursi perdapil merupakan data yang diambil dari dua sumber yakni,Data Agregat Kependudukan perkecamatan (DAK 2) dan Data Wilayah Kabupaten Pasaman yang diserahkan Kementrian Dalam Negeri kepada KPU RI.


Di akhir acara Jajang Fadli mengungkapakan bahwa semua usulan,kritik dan saran dalam sesi tanya jawab selama proses uji publik ini dicatat dan akan meneruskan ke KPU Provinsi dan KPU RI. (St Majoindo)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.