Pos IB Lubuk Alung Siap Melayani Peternak 24 Jam

0

Pos IB Lubuk Alung yang berlokasi di Pungguang Kasiak

Lubuk Alung, CanangNews -  Pos Inseminasi Buatan (IB) adalah tempat untuk melayani kawin suntik pada ternak sapi dan kerbau. Khusus untuk Kecamatan Lubuk Alung, Pos IB terletak di Nagari Pungguang Kasiak, bersebelahan dengan Balai Penyuluhan Kecamatan Lubuk Alung.

Bagi peternak yang ingin mengawinkan ternak sapi yang telah menunjukkan tanda- tanda minta kawin dapat membawa langsung ke Pos IB atau menelepon petugas untuk datang ke kandang sapi peternak.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Padang Pariaman Bustanil Arifin mengemukakan hal itu melalui Bidang (Kabid) Pembibitan dan Produksi Zulkhailisman SPt MSi sewaktu mengunjungi Pos IB Lubuk Alung, Minggu (7/1/2018).

Tanda-tanda tersebut, kata Zulkhailisman, antara lain sering melenguh, nafsu makan berkurang hari itu, menaiki sapi lain atau diam ketika dinaiki sapi lain, mengeluarkan lendir bening serta kemaluannya memperlihatkan tanda sembab, hangat, merah (SHM) atau sambok angek sirah (SAS – bahasa Minang).

Petugas IB Kecamatan Lubuk Alung Syaipul Ahmad
                                              
Kedatangan Zulkhailisman disambut Petugas IB Kecamatan Lubuk Alung Syaipul Ahmad dan Irvan Aulia SPt. Kedua petugas ini menyatakan siap melayani IB dan stand-by 24 jam asal ada peternak yang melaporkan sapinya minta kawin, akan segera datang untuk melakukan kawin suntik.

Pada kesempatan itu Syaipul melaporkan, populasi sapi di Kecamatan Lubuk Alung mencapai 3.000 ekor lebih, di antaranya betina produktif 1.000 ekor lebih.Dalam Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) tahun 2018 ini Kecamatan Lubuk Alung mendapat target 1.000 ekor sapi betina produktif untuk di-IB secara gratis. Target tersebut hampir 10 persen dari target Upsus Siwab Padang Pariaman 11.472 ekor. (ZT) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top