Header Ads

jasa

Peningkatan Disiplin ASN, Dinas Kominfo Jajaki Kerjasama dengan Pemko Bandung


Kepala Diskominfo Zahirman S Sos MM memimpin apel pagi jajaran ASN

Parit Malintang, CanangNews – Tahun 2018 dimulai sebagai tahun peningkatan displin dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Peningkatan disiplin dan kinerja ini akan dikawal secara ketat oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padang Pariaman melalui pemanfaatan aplikasi dan teknologi informasi berbasis jaringan internet.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Diskominfo Zahirman S Sos MM pada kesempatan memimpin apel pagi ASN di lingkungan komplek kantor Bupati Padang Pariaman di Parit Malintang, Rabu (24/01/2018).

Pengawalan ketat dari Diskominfo ini dibutuhkan dalam mengawal pelaksanaan Peraturan Bupati Padang Pariaman Nomor 19 Tahun 2017 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Upaya yang dilakukan Diskominfo adalah memantau kinerja dan disiplin ASN melalui penerapan face print sebagai pengganti finger print, pembuatan aplikasi e-Lapor serta penerapan aplikasi lainnya yang mendukung peningkatan disiplin dan kinerja ASN.

Zahirman mengatakan, walau penerapan face print dan aplikasi lainnya belum sepenuhnya berjalan, namun kehadiran ASN semakin hari semankin membaik. Mantan Kabag Humas itu mengapresiasi ASN yang telah dengan sadar memperbaiki disiplin dan kinerjanya.

"Sama-sama kita lihat kehadiran PNS semakin hari semakin meningkat. Diharapkan ini terus ditingkatkan. Kepada yang sudah mematuhi jam kerja mohon dipertahankan. Kepada yang belum tolong diingatkan," kata mantan Staf Ahli Bupati itu.

"Rencana pemantauan kinerja ASN lewat face print efektif dilaksanakan awal bulan Februari, karena kita bersama BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia – red) masih melakukan input data ASN dengan melakukan sidik jari dan foto wajah," tambahnya lagi.

Zahirman menjelaskan, Diskominfo terus berupaya dalam memberikan kenyamanan pelayanan, baik pada ASN sendiri maupun pada masyarakat, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan upaya melakukan berbagai inovasi seperti pemasangan jaringan internet sampai tingkat kecamatan, bahkan direncanakan tahun 2018 akan diteruskan sampai tingkat nagari.

"Pada tahun 2017, kita telah selesai lakukan pemasangan jaringan fiber optik sampai tingkat kecamatan, sekarang sama-sama kita rasakan manfaatnya terutama dalam hal pembayaran gaji secara online. Tahun ini juga akan mulai digunakan aplikasi e-Planning, e-Budgeting dan e-Perizinan," kata mantan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan itu.

Semua aplikasi  tersebut, katanya menyambung, dimaksudkan untuk memudahkan aparatur dalam bekerja. Dengan telah adanya jaringan ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan mempunyai inovasi dalam melakukan pelayanan pada masyarakat,

Untuk meningkatkan kinerja Diskominfo, lanjut Zahirman, saat ini OPD yang dia pimpin tengah menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Bandung, Provinsi Jawa Barat.


"Insya Allah, awal tahun ini akan kita lakukan memorandum of understanding / MoU (kesepakatan – red) dengan Pemko Bandung. Banyak aplikasi yang dapat kita duplikasi sesuai dengan kebutuhan kita di Padang Pariaman," papar Sarjana Sosial tamatan Universitas Riau ini. (H / ZT) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.