Header Ads

jasa

Pleno KPU Padang Pariaman: 14 Parpol Memenuhi Syarat

Foto Zulfami Fami.
Ketua KPU Padang Pariaman Drs Zulfami MM 

Sebanyak 14 partai politik (parpol) yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman dinyatakan memenuhi syarat. Penetapan memenuhi syarat itu dilakukan pihak KPU dalam sidang pleno di Hotel Minang Jaya Lubuk Alung, Kamis (8/2/2018) siang.

Ketua KPU Padang Pariaman Drs Zulfami MM menyebutkan, pleno yang digelar KPU Padang Pariaman tersebut merupakan penetapan hasil verifikasi terhadap partai politik yang dilakukan pihak KPU sebelumnya.

“Hasil penetapan ini akan kita sampaikan ke KPU Provinsi Sumatera Barat dan KPU Republik Indonesia. Selanjutnya, KPU RI nantinya yang akan menetapkan parpol yang memenuhi syarat sebagai parpol peserta pemilu nantinya,” terangnya.

Lebih jauh disebutkan, penetapan hasil  verifikasi yang berlangsung antara lain didasarkan pada UU Nomor 6 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 5 Tahun 2018. Menurut Zulfami, dari 14 parpol yang hasil verifikasinya telah ditetapkan, tiga di antaranya merupakan parpol  baru dan 11  lainnya parpol lama.

Dalam verifikasi yang dilakukan KPU sebelumnya, antara lain mencakup kepengurusan parpol, sekretariat atau alamat kantor, tentang keanggotaan dan keterwakilan 30 persen perempuan.

Penetapan hasil verifikasi yang digelar KPU Padang Pariaman juga dibarengi dengan penyerahan nota hasil penetapan kepada masing-masing pimpinan parpol yang terlihat sangat antusias mengikuti jalannya acara.

Di pihak lain, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan Suarni Murad, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar KPU. Ia mengimbau agar seluruh parpol bisa bersama-sama mendukung tugas KPU dalam mewujudkan pemilu yang damai dan tertib di Kabupaten Padang Pariaman.

“Seperti diketahui, dalam beberapa kali penyelenggaraan pemilu sebelumnya, baik itu pemilu legislatif maupun pemilu pilpres, Kabupaten Padang Pariaman selalu mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Makanya tak heran bila akhirnya kelancaran pelaksanaan KPU di daerah ini kerap dijadikan barometer bagi suksesnya penyelenggaraan pemilu di Provinsi Sumatera Barat,” tegasnya.

Karena itulah Bupati Ali Mukhni mengingatkan dan mengimbau semua pihak di Kabupaten Padang Pariaman, khususnya parpol peserta pemilu, agar tetap menjaga semangat kebersamaan dan persatuan yang telah terbina dengan baik di tengah kehidupan masyarakat selama ini.

“Jadi, meski berbeda pilihan  namun hal itu hendaknya jangan sampai menggoyahkan semangat persatuan dan kebersamaan yang terbina dengan baik selama ini,” pintanya. (*)



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.