Dekranasda Bukittinggi Dukung Koperasi Pengrajin dan Makanan

3

Ketua dan anggota Kopinkra bersama Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, HjYesi Endriani

Bukittinggi, CanangNews – Di Kota Bukittinggi terdapat banyak koperasi. Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani menyatakan harapan koperasi-koperasi yang ada di Kota Bukittinggi ini berkembang dengan baik, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terwujud. Di samping itu juga diharapkan pembina selalu melakukan pendampingan kepada pengurus koperasi.

Yesi Endriani mengemukakan harapan tersebut ketika meninjau dua koperasi, yaitu koperasi Lumbung Pusako Embun Suri di Jembatan Besi dan Koperasi Industri Kerajinan Rakyat (Kopinkra) Pusako Minang di Pasar Banto, Selasa (9/1/2018).

“Kita sadari, Bapak Koperasi Indonesia – Dr Muhammad Hatta – berasal dari Kota Bukittinggi. Oleh karena itu, mari kita perlihatkan kepada masyarakat, bahwa koperasi kini sangat dibutuhkan, yang mana dasarnya koperasi untuk sosial, bukanlah untuk kepentingan bisnis pribadi-pribadi, sehingga akan menjadikan pengertian dari kita, oleh kita dan untuk kita,” ujar Yesi menjelaskan.

Ia mengaku memang sengaja mengunjungi pengrajin-pengrajin yang ada di Kota Bukittinggi, tentunya pengrajin itu telah mendirikan koperasi yang gunanya bagaimana anggota mereka bisa melakukan kegiatan-kegiatan, terutama di Kopinkra ini yang banyak bordir kerancang. Yesi Ramlan berharap kedepannya Kopinkra bisa lebih berkembang.

“Di kopinkra itu tidak hanya simpan pinjam saja, tetapi ada juga menjual bahan-bahan baku yang dibutuhkan anggota dan bahkan ada pengrajin-pengrajin dari luar daerah, seperti dari Kota Sawahlunto yang membutuhkan benang untuk tenun, dan pengrajin dari Kota Payakumbuh yang membuat tenun dan bordir, serta dari seputaran Kabupaten Agam,” ucap Yesi Endriani, isteri Walikota Ramlan Nurmatias.

Sementara itu Ketua Kopinkra Pusako Minang – Novita – menjelaskan, Kopinkra yang berdiri bulan April 2011 yaitu koperasi simpan pinjam dan penyediaan bahan baku dan bergerak dibidang bordir dan sulaman, kini beranggotakan sebanyak 80 orang. Untuk simpan pinjam di tahun 2017 sebanyak 12 orang dengan total jumlah pinjaman sebanyak Rp208 juta. Sedangkan bahan baku peredaran uangnya dari Rp100 juta kini meningkat menjadi Rp148 juta.


Di samping diperuntukan untuk anggota, kini kini juga diperuntukan untuk umum, seperti halnya bahan baku, beberapa kota di Sumatera Barat sudah berbelanja ke kopinkra Pusako Minang. Ditambahkan Novita, Kopinkra dibantu untuk modal awalnya dari Pemerintah Kota Bukittinggi dan juga dari Kementrian Koperasi RI. Kedepannya kopinkra menginginkan mempunyai ruang pamer sendiri untuk memasarkan hasil produk anggota dan juga dapat menerima tamu seandainya mengunjungi kopinkra Pusako Minang, pungkas Novita. (Iwin SB)

Posting Komentar

3Komentar
  1. PROGRAM PINJAMAN MUDAH
    Selama masa ekonomi yang tidak pasti ini, banyak orang mendapati diri mereka dihadapkan pada situasi di mana mereka dapat menggunakan bantuan keuangan. Apakah itu untuk keadaan darurat, perbaikan rumah, konsolidasi utang atau bahkan liburan keluarga - pinjaman pribadi berbunga rendah adalah cara yang aman dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Di Alta Finance LLC, kami berspesialisasi dalam program pendanaan Pinjaman yang andal dan efisien. Hubungi kami hari ini menggunakan email perusahaan kami: altafinancellcfunding@gmail.com atau melalui teks +1 702 805-0119

    BalasHapus




  2. Are you a business man or woman? Are you in a financial mess or do You need funds to start your own business? Need to pay loans Their Debt or pay off your bills or start a nice business? Do you have a low credit score and you will find it hard to get Capital loan from local banks / other financial institutions? You need one Loan or funding for any reason such as:Email: inforamzanloan@gmail.com

    *Personal Loans
    *Commercial Loans
    *Investments Loans
    *Development Loans
    *Consolidation Loans
    *Student Loans
    *Car Loans
    *Mortgage Loans
    *Acquisition Loans
    *Construction loans

    We offer loan at low interest rate of 3% and with collateral and not Collateral, we offer personal loans, debt consolidation loans, venture capital Capital, business loan, education loan, mortgage or Loans for any reason".

    However, our method offers the possibility to specify the amount of the loan needed and also the duration you can afford it, gives you a real Chance get the funds you need!

    Contact us via E-mail: inforamzanloan@gmail.com

    BalasHapus
  3. Do you need a quick long or short term Loan with a relatively low interest rate as low as 3%? We offer business Loan, personal Loan, home Loan, auto Loan, student Loan, debt consolidation Loan etc.. no matter your credit score.
    Personal Loans (Secure and Unsecured)
    Business Loans (Secure and Unsecured)
    Consolidation Loan and many more.

    Contact US for more information about Loan offer and we will solve your
    financial problem. contact us via email: muthooth.finance@gmail.com
    Phone number: +917428831341 (Call/What's app)

    BalasHapus
Posting Komentar

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top