Header Ads

jasa

Wabup Suhatri Bur Canangkan Korong Pintir Kayu sebagai Kampung KB


Wabup Suhatri Bur foto bersama dengan Kepala DPPKB Yutiardi serta Forkompinca Nan Sabaris

Nan Sabaris, CanangNews – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman kembali melaksanakan peresmian (launching) Kampung KB. Pencanangan dilakukan Wakil Bupati Suhatri Bur bertempat  di Korong Pintir Kayu, Nagari Sunur Barat, Kecamatan Nan Sabaris, Kamis (14/12/2017).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Suhatri Bur mengemukakan, untuk memajukan masyarakat perlu kiranya membangun Kampung KB di daerah Padang Pariaman. Dilihat dari pertumbuhan, penduduk kita semakin hari semakin meningkat.

“Pada satu sisi di daerah kita ini masih ada kepala keluarga (KK) yang perlu perhatian khusus. Dengan adanya kondisi seperti itu perlu kiranya kita mencanangkan Kampung KB. Target kita adalah satu kecamatan satu kampung KB. Oleh karena itu kita perlu satu kata sepakat untuk menyukseskan program ini,” ujarnya.

Jika program ini berhasil, lanjut Suhatri, maka pertumbuhan penduduk tersebut bisa kita tekan. “Atas nama pemerintah daerah kita memberikan apresiasi kepada Korong Pintir Kayu yang menjadi korong pertama yang melaunching Kampung KB di Kecamatan Nan Sabaris,” katanya lagi.

Sementara itu, Kepala DPPKB Yustiardi melaporkan, Korong Pintir Kayu ditetapkan sebagai Kampung KB karena memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan. Di antaranya: pasangan usia subur banyak, daerah terpencil serta minat masyarakat kurang untuk ber-KB.

Sebelumnya, Ketua Kampung KB Nagari Sunur Barat Hasbullah menyebutkan, KB ini dulunya tabu di kalangan masyarakat. Namun, sekarang sudah ada perubahan dari tahun sebelumnya, di mana masyarakat sudah antusias untuk ikut program KB.

Menurutnya, telah terjadi peningkatan warga Pintir Kayu, Nagari Sunur Barat yang ikut ber-KB. Di korong ini terdapat 84 pasangan usia subur (PUS), tetapi yang tidak ikut ber-KB hanya 32 PUS.

“Melalui program ini kami sangat mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dapat meningkatkan kesejahteraan kampung KB ini. Sebab, masih banyak penduduk yang belum sejahtera,” kata Hasbullah.


Acara dihadiri oleh Camat Nan Sabaris, Wilson, Kapolsek Nan Sabaris, Irwan Sikumbang,serta tokoh-tokoh masyarakat se Kenagarian Sunur. (Handre / ZT) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.