Tunjangan Bamus Nagari di Padang Pariaman Paling Kecil di Sumatera Barat

0

Rombongan Bamus Nagari Batu Kalang mengunjungi Kabupaten Limapuluh Kota

Simalanggang, CanangNews Badan Musyawarah (Bamus) Nagari di Kabupaten 50 Kota setiap bulannya diberikan tunjangan tetap sebesar Rp750 rbu rupiah (ketua) dan Rp700 ribu rupiah (wakil ketua). Sedangkan sekretaris  dan anggota menerima Rp650 ribu rupiah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Limapuluh Kota, Usman SPd MPd dalam pertemuan dengan Bamus Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, yang melakukan studi komperatif ke daerah tersebut, Kamis (21/12/2077).

Di samping itu, lanjut dia, Bamus Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota diberikan dana operasional  berkisar dari 40 - 50 juta rupiah setiap tahunnya.

Menurut Usman, untuk tahun 2018, tunjangan Bamus Nagari Kabupaten Limapuluh Kota akan ditingkatkan Rp1 juta (ketua)  Rp950 ribu (wakil ketua) dan Rp900 ribu (sekretaris dan anggota).

Usman yang didampingi Kabid Pemerintahan Nagari Ir Anharmen dalam ekseposnya mengatakan, Kabupaten Limapuluh memiliki 79 nagari pada 13 kecamatan. Kabupaten Limapuluh Kota mempunyai visi Mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota Sejahtera dan Dinamis  yang Mantap Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Sementara Misi Kabupaten 50 Kota, salah satu diantaranya, Meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui revitalisasi perekonomian masyarakat berbasis pemanfaatan potensi daerah, peningkatan manajemen pengelolaan komoditas unggulan dan andalan serta pengembangan produktifitas bidang pertanian,perkebunan,petemakan, perikanan dan sumber daya alam lainnnya,dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan.

Bamus Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, melakukan Studi Komperatif ke Kabupaten 50 Kota, dengan sasaran kunjungan, Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten 50 Kota dan Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh.

Studi Komperatif Bamus Nagari Batu Kalang didampingi  Kasi Pelaporan Juarman dari DPMD Kabupaten Padang Pariaman dan Kasi Pemerintahan dari Kecamatan Padang Sago.

Adapun rombongan Bamus Nagari Batu Kalang yang ikut dalam rombongan adalah Drs Amiruddin MA (ketua), Ir Asrizal (wakil ketua) Erlinda Yanti (sekretaris) serta Jaswin S Sos dan Autri Mulyadi (anggota). Tujuan dari studi komperatif melihat dari dekat regulasi (peraturan) nagari, tata kelola keuangan nagari serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) bamus nagari.

Sewaktu dimintai tanggapannya, Wakil Ketua Bamus Nagari Batu Kalang Ir Asrizal mengemukakan , apabila dibandingkan dengan tunjangan  bamus nagari di Kabupaten Padang Pariaman, jauh ketinggalan dari Bamus Nagari Kabupaten 50 Kota.

Bamus nagari di  Padang Pariaman menerima tunjangan setiap bulannya Rp300 ribu (ketua), Rp250 ribu (wakil ketua), sedangkan sekretaris dan anggota Rp200 ribu setiap bulan.


“Kita berharap kepada Bupati dan DPRD serta DPMD dapat meningkatkan tunjangan bamus nagari di Kabupaten Padang Pariaman.  Untuk Sumatera Barat, mungkin Kabupaten Padang Pariaman yang paling terkecil tunjangan bamus-nya,” ujar Asrizal yang diamini Autri Mulyadi, Jaswin dan Erlinda Yanti. (ATM / ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top