Header Ads

jasa

Tingkatkan Pengawasan, Panwaslu Padang Pariaman Libatkan Pemilih Pemula


Pariaman, CanangNews – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Padang Pariaman Zainal Abidin menyebutkan, menegakkan keadilan dalam pemilu (pemilihan umum – red) adalah dengan memroses setiap pelanggaran yang ada dengan melibatkan masyarakat secara luas. Sebab, karena jumlah personil Panwaslu terbatas.

Pernyataan ini disampaikan Zainal Abidin di hadapan puluhan utusan perguruan tinggi dalam kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu, Selasa (5/12/2017). Kegiatan itu bertempat di ruang pertemuan Penginapan Casandra, Kawasan By Pass Pariaman.

"Karena keterbatasan personil, kami tak bisa melakukan pengawasan secara menyeluruh, sehingga kami mengajak masyarakat ikut mengawasi demi pemilu yang jujur dan adil," katanya

Sementara narasumber Aermadepa, dosen Fakultas Hukum UMY Solok yang juga eks komisioner Bawaslu Sumbar, mengajak peserta menjadi sahabat yang berfungsi sebagai penyambung lidah panwaslu karena berhadapan langsung dengan masyarakat.

Sedangkan Syaiful Al Islami – narasumber yang merupakan Komisioner Panwas Padang Pariaman – menilai, rendahnya partisipasi pengawasan dipengaruhi oleh minimnya informasi dan lemahnya kemampuan teknis.
    

"Maka, diharapkan kepada peserta untuk turut meningkatkannya," tutup Syaiful. (ikhlas) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.