Header Ads

jasa

Panwaslu Kota Pariaman Selenggarakan FGD Pengembangan Pengawasan Partisipatif


Pariaman, CanangNews Sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (pemilu) dan strategi pengembangan pengawasan partisipatif serta pola koordinasi dengan mitra strategis dikemas, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan itu berlangsung di aula pondok lesehan sebuah rumah makan di kawasan By Pass Pariaman, Rabu (6/12/2017).

Ketua Panwaslu Kota Pariaman Elmahmudi dalam sambutannya menegaskan, pengawasan bertujuan untuk menegakkan keadilan pemilu yang demokratis dengan target menyebarluaskan pengawasan partisipatif dan peran masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 serta pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019.

Menurut Elmahmudi, partisipasi dikelompokan menjadi tiga, yaitu partisipasi politik, partisipasi pemilih, dan partisipasi pengawas pemilu. "Pengawasan partisipatif merupakan budaya bahkan menjadi sebuah kearifan lokal dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas," ujarnya.

Melalui forum ini, dia mengharapkan dapat merumuskan pola dan bentuk kemitraan antara panwaslu dengan masyarakat, sehingga dapat menyukseskan pengawasan pemilu

Pengawasan partisipatif merupakan instrumen penting yang diupayakan Bawaslu, Panwaslu, dan Panwascam sehingga diharapkan agenda pemilihan berjalan menurut semestinya

Sementara itu, Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumbar Vifner mengatakan, dengan banyaknya sosiasilisasi yang diselenggarakan oleh Panwas di masing-masing daerah, hendaknya akan membuahkan hasil yang maksimal nantinya, yaitu pemilihan yang baik, jujur dan adil.

"Apalagi dengan menyajak elemen masyarakat, OKP, Ormas, Media dan stakeholder dalam bermitra agar bisa menyebarluaskan informasi pada masyarakat tentang pentingnya keterlibatan mengawasi pemilu,' katanya.


Kegiatan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat ini, kata Kepala Sekretariat Panwas Kota Pariaman Riki Falantino, merupakan rangkaian yang mesti diselenggarakan Panwaslu untuk mendapatkan pengawasan Pemilu yang maksimal. (ikhlas)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.