Header Ads

jasa

Panwas Kota Pariaman Gandeng Pemilih Pemula


Pariaman, CanangNews – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Pariaman menggandeng para pemilih pemula agar ikut serta mengawasi jalannya Pemilihan Walikota 2018, Pilpres dan Pileg 2019 di kota itu.

"Pemilih pemula dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat hingga perguruan tinggi diharapkan bisa menjadi personel pengawas partisipatif dalam menyukseskan rangkaian Pilkada 2018," kata Ketua Panwas Kota Pariaman Senin (4/12/2017) dalam sebuah kegiatan sosialisasi di ruang pertemuan Joyo Makmur di kawasan By Pass, Pariaman.

Pada pilkada periode 2013, ujarnya, persentase suara dari pemilih pemula berkisar 20 hingga 30 persen. Oleh karena itu diharapkan pada 2018 selain memberikan hak pilih juga bisa mengawal jalannya pesta demokrasi tersebut.

Ia menjelaskan salah satu alasan Panwaslu menjadikan pemilih pemula sebagai sasaran sosialisasi pengawasan partisipatif adalah rasa keingintahuan yang cukup tinggi.

"Para mahasiswa dan pelajar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, oleh karena itu perlu penjelasan dan bimbingan politik yang sehat agar ikut serta memilih sekaligus mengawasi," lanjut dia.

Dalam melibatkan pemilih pemula ini, lebih jauh Panwaslu Pariaman juga akan mengadakan nota kesepahaman dengan beberapa sekolah khususnya organisasi pelajar maupun kemahasiswaan dalam mengawal Pemilu.

Salah seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta Andre yang menjadi peserta mengatakan, pengawasan partisipatif oleh Panwaslu dibutuhkan dalam memberikan arahan yang tepat kepada pemilih pemula.


"Meski merupakan hal yang baru, kami membutuhkan pengetahuan seputar Pilkada, agar tidak terjebak dalam praktik politik yang salah. Kemudian juga membantu penyelenggaraan Pemilu dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut," ujarnya. (Ikhlas)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.