Header Ads

jasa

KONI Padang Pariaman Bersiap Menghadapi Porprov XV Sumbar 2018


IVEN bergengsi Pekan Olahraga tingkat Provinsi (Porprov) XV Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2018 bakal berlangsung di Kabupaten Padang Pariaman. Sedikitnya 33 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan pada ajang dua tahunan itu.

Mengingat waktu yang tersedia menjelang pelaksanaan porprov hanya sekitar satu tahun lagi, sudah sejauh mana persiapan yang dilakukan tuan rumah?

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Padang Pariaman Aprinaldi MPd menyatakan, persiapan pihaknya sebagai tuan rumah Porprov XV / 2018 telah mencapai 80 persen. Semua venue untuk  pelaksanaan pertandingan disebar pada seluruh kecamatan dalam daerah ini. 

"Semua itu kita – bersama Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olaraga – lakukan agar Kabupaten Padang Pariaman sukses sebagai tuan rumah sekaligus sukses sebagai kontingen," kata Aprinaldi.

Ia menyebutkan, dari semua cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam arena porprov nanti, ada  beberapa cabang yang lokasinya masih dalam pergeseran seperti cabang bolavoli pantai dan takraw. Tujuannya untuk penyebaran venue-venue di seluruh kecamatan dalam daerah ini.

"Kita melakukan itu semua agar pelaksanaan porprov di Kabupaten Padangpariaman betul-betul dirasakan masyarakat dan tidak menumpuk pada satu tempat. Dengan disebar, ekonomi masyarakat kita meningkat selama pelaksanaan pekan olahraga tersebut," ungkapnya.

Ketua KONI Aprinaldi menyerahkan medali emas kepada atlit putri Padang Pariaman pada iven Porprov XIV

Meski demikian, katanya, untuk penentuan akhir persiapan masing-masing cabor yang dipertandingkan dalam arena porprov akan ditentukan oleh tim monitoring dan evaluasi (monev). Apalagi menjelang Porprov XV ini untuk pertama kalinya dilaksanakan Pra-Porprov.

Saat itu akan dijadikan seleksi untuk masing-masing cabor setiap daerah yang akan berlaga.  Meski begitu, Padang Pariaman saat ini telah memiliki beberapa cabang unggulan yang bisa mendulang medali emas seperti Forki, Wushu, Panahan, tenis lapangan dan angkat berat.

Semua atlit tuan rumah yang dipersiapkan untuk Porprov 2018 ini berasal dari Kabupaten Padang Pariaman, meski mereka berlatih di Kota Padang. "Jadi persiapan kita telah mencapai 80 parsen, tingggal penentuan terakhir oleh tim monev," ujarnya.

Tentang lokasi pembukaan porprov, lanjut dia, rencana dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) VII Koto Sungai Sariak. Di sana juga akan dilangsungkan pelaksanaan pertandingan final sepakbola. Babak penyisihan dilaksanakan di  Pauhkambar, Sicincin, Sungai Geringging dan Kampung Dalam.

"Sekarang surat keputusan (SK) untuk penempatan masing-masing veneu cabang olaharaga yang akan dipertandingkan dalam arena porprov nanti telah ada.  Kita tinggal melakukan pembenahan di sana-sini agar Kabupaten Padang Pariaman sukses sebagai tuan dan  sukses prestasi," katanya pula.

Lebih jauh dikatakannya, Porprov XV akan diikuti oleh 19 kontingen dari seluruh kabupaten / kota yang ada di Sumatera Barat. Kontingen Padang Pariaman akan mengikuti semua cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Wakil Gubernur Nasrul Abit bersama Wakil Bupati Suhatri Bur meninjau kesiapan venue Porprov XV

Aprinaldi menjelaskan, Padang Pariaman sudah sangat siap sebagai tuan rumah. Apalagi menjelang perhelatan 2018 sejumlah gedung olahraga baru akan bisa dipergunakan di samping sejumlah gedung olahraga lainnya yang sudah tersedia.

Dihubungi secara terpisah, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menyatakan, saat ini pihaknya terus melakukan pembenahan stadion utama di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung.

"Stadion itu rencananya akan dibangun seluas 50 hektar dan dapat difungsikan sebagai arena pembukaan Porprov Sumbar 2018. Proses pembangunan stadion ini telah berjalan sejak tahun 2014. Untuk pembangunannya, Pemprov Sumbar menyediakan anggaran setiap tahun,” ujarnya.

Ali Mukhni menambahkan, pihaknya meminta Pemprov Sumbar agar tahun 2018 menganggarkan dana lebih besar demi kelanjutan pembangunan stadion ini. Hal itu berkaitan dengan harapan pihaknya untuk melaksanakan iven pembukaan Poprov XV di stadion yang bakal menjadi stadion terbesar di Sumbar.

“Diharapkan stadion ini akan menjadi kebanggaan Sumbar. Kami sangat berharap agar Pemprov Sumbar melanjutkan pembangunannya tahun ini, sehingga Pemkab Padang Pariaman yang diamanahkan untuk Porprov Sumbar mendatang dapat menggunakan stadion tersebut” katanya.

Bupati Ali Mukhni (berbaju biru) main stadion di Lubuk Alung

Apabila harapan pihaknya ditanggapi positif oleh Pemprov Sumbar, Ali Mukhni menjamin untuk mengejar pembangunan fasilitas jalan menuju stadion tersebut. “Meskipun saat itu belum tuntas dikerjakan 100 persen, setidaknya stadion itu sudah bisa digunakan untuk pembukaan Porprov saja, kami sudah sangat senang,” tuturnya.


Selain telah mendiskusikan kelanjutan pembangunan main stadion itu dengan Gubernur Sumbar, Ali Mukhni juga mengajak beberapa tokoh Sumbar asal Padang Pariaman agar turut serta berdiskusi dengan Pemprov Sumbar terkait lanjutan pembangunan stadion utama. (Adv

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.