Header Ads

jasa

Kata Wako Mukhlis ASN Netral Pada Pilwako



Pariaman.canangnews --- Panitia Pengawas Pemilu kota Pariaman mengadakan rapat koordinasi bersama komponn masyarakat, kita harapkan, seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder terkait, untuk berkomitmen mensukseskan Pemilihan Umum 2019 dan Pilkada Kota Pariaman 2018.
Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada Rapat koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bersama stakeholder sekaligus Deklarasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Tolak Politik Uang, dari seluruh element masyarakat dan stakeholder di Pemko Pariaman, bertempat di Aula Balikota Pariaman, Kamis (21/12).
“Dengan diselenggarakan Pilkada Serentak di 171 daerah di indonesia dan 4 Kota di Provinsi Sumatera Barat, salah satunya Kota Pariaman, hendaknya kita dapat melaksanakannya dengan aman, adil dan lancar,”tukasnya.
Di tahun politik tahun depan, hendaknya semua element masyarakat dan stakeholder dapat saling bekerjasama, bahu membahu untuk mensukseskan gelaran 5 tahunan, suksesi kepemimpinan ini.
“Tugas saya adalah mengantar suksesi kepemimpinan kota pariaman ini dengan aman, lancar dan sukses, serta mempersiapkan segala sesuatunya dalam segi penganggaran, dan itu semua sudah kita lakukan dan disahkan dalam APBD kota pariaman, mulai dari dana hibah untuk KPU, dana hibah untuk Bawaslu dan dan dana hibah untuk pengamanan pemilu,” ujarnya.
Lebih lanjut Mukhlis Rahman mengungkapkan bahwa suksesnya sebuah pemilihan umum, tidak terlepas dari tingginya angka partisipatif masyarakat yang mencoblos di hari pemilihan.
“Bila tingkat partisipasi pemilih tinggi dalam sebuah pemilihan, maka legitimasi kepemimpinan akan semakin diterima oleh masyarakat,” tuturnya.
Kepada para ASN di Pemko Pariaman, ia mengingatkan untuk bersikap netral dan jangan pernah untuk menjadi tim sukses pasangan calon, karena dengan adanya Surat Edaran (SE) dari Komisi ASN, yang melarang hal tersebut.
“Hukumannya pun tidak tanggung-tanggung, mulai dari penurunan pangkat sampai diberhentikan, apabila kedapatan dan terbukti menjadi tim sukses Paslon Pilkada walikota dan wakil walikota pariaman, dan akan diproses sesuai dengan SE yang diedarkan Komisi ASN,” tutupnya.
Dalam sambutan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman, El Mahmudi mengatakan saat ini, terjadi apatisme masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu dari satu pemilu ke pemilu berikutnya, cenderung menurun.
“Fakta ini tidak bisa kita bantah, karena semakin rendahnya partisipasi masyarakat dalam setiap pilkada yang diselenggarakan, untuk itu, kita mesti meningkatkan partisipasi pemilih, dengan mengedukasi bahwa pemilu, adalah demokrasi yang harus kita ikuti untuk memilih pemimpin yang terbaik untuk daerah,” ulasnya.
Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi pengawasan pemilu partisipatif dan tolak politik uang yang ditanda tangani oleh seluruh element masyarakat, mulai dari Ulama, LKAAM, BKMT, PWI, KNPI, Pramuka, Karang Taruna, BEM, Pelajar dan disusul oleh Wako Pariaman, Bawaslu Provinsi Sumbar, Kapolres Pariaman, Kajari Pariaman, Ketua KPU Kota Pariaman, Ketua Panwaslu Kota Pariaman. (*/ad) 



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.