Header Ads

jasa

Festival Budaya Malamang dan Bajamba SMAN 1 Lubuk Alung Menuai Pernyataan Kagum

Wakil Bupati Suhatri Bur (keempat dari kiri) memukul gendang menandai peresmian festifal budaya

Lubuk Alung, CanangNewsSekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, memiliki kekhasan tersendiri. Setiap tahun, khususnya pada bulan Rabi’ul Awal, sekolah ini menyelenggakan festival budaya dan malamang. Tahun ini dilengkapi dengan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS).

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur membuka secara resmi kegiatan tersebut bertempat di halaman dalam SMA Negeri 1 Lubuk Alung, Rabu (13/12/2017) siang. Tampak hadir antara lain pejabat dari Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar – Syaiful, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs Rahmang MM serta sejumlah tokoh masyarakat dan orangtua siswa.

Walaupun penyelenggaraan SMA sudah menjadi urusan pemerintah provinsi, kata Suhatri ur, Pemerintah Kabupaten.Padang Pariaman tetap memberikan perhatian penuh terhadap kegiatan-kegiatan di lembaga pendidikan menengah atas ini. Sebab, pendidikan pada tingkat SMA sangat menentukan arah masa depan generasi muda.

Ia juga menyatakan sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada SMAN 1 Lubuk Alung yang telah menggagas iven ini. “Pendidikan berkarakter merupakan satu-satunya pilihan untuk melahirkan generasi berkualitas dengan memadukan unsur sains, spritual dan nilai-nilai budaya lokal yang positif,” kata Alumni SMAN 1 Lubuk Alung tahun ajaran 1989/1990 ini.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Lubuk Alung Dra Dian Mulyati Syarfie MPd menyebutkan, kegiatan malamang (memasak penganan khas dengan media buluh) dan bajamba (hidangan aneka masakan lauk dengan penataan khas) dilombakan antar SMA / SMK / MA se-Kabupaten Padang Pariaman dan antar-kelas di lingkungan SMAN Lubuk Alung.

Setelah shalat dzuhur bersamaan di masjid sekolah, Wakil Bupati Suhatri Bur yang didampingi isteri – Yusrita – serta tamu yang hadir menikmati jamuan makan siang dengan hidangan nasi bajamba. Makan siang itu juga diikuti Kepala SMAN 1 Kota Sawahlunto Dra Sri Sumarni yang sengaja datang berkunjung bersama sejumlah guru dan sekitar 60 aktivis Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).


Kepada wartawan, Sri Sumarni dan sejumlah siswa menyatakan kekaguman mereka terhadap penyelenggaraan festival budaya dan malamang di SMAN 1 Lubuk Alung. Sri malah mengungkapkan, pihaknya termotivasi untuk menyelenggarakan kegiatan festival budaya seperti ini dengan nuansa berbeda. (ZT) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.