Header Ads

jasa

Bupati Agam Lepas Pawai Ta’ruf, Khatam Qur’an Anak Nagari Tabek Panjang Baso Meriah

Bupati Agam Indra Catri mengibarkan bendera merah putih saat melepas pawai ta’ruf (foto Andri Koto)

Kapalo Hilalang, CanangNews – Perayaan Khatam Qur’an Anak Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Minggu (24/12/2017) di Jorong Sungai Janiah berlangsung meriah. Pawai ta’ruf arak-arakan dilaksanakan keliling nagari, dilepas secara resmi oleh Bupati Agam H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah.

Khatam Qur’an Santri MDTA Darul Amal Sungai Janiah ke-7 itu diikuti 25 peserta. Mereka terdiri dari 16 putra dan 9 putri. Prosesi perayaan Khatam Qur’an tahun ini yang bertemakan Alek Nagari Menuju Nagari Madani itu cukup meriah dari tahun lalu.

Hadir pada acara Perayaan Khatam Qur’an tersebut antara lain Kepala Bagian Humas Setdakab Agam, Helton, Camat Baso Surya Wendri, Danramil, Kapolsek Baso, jajaran perangkat Nagari Tabek Panjang, orangtua santri dan sejumlah tokoh masyarakat.

Bupati Agam Indra Catri pada kesempatan itu mengemukakan, arak-arakan keliling kampung merupakan tradisi turun-temurun semenjak nenek-moyang dahulu. Prosesi arak-arakan itu juga disaksikan bako (kaum kerabat –red) anak yang berkhatam, kemudian masyarakat turut menyaksikan beramai-ramai dipinggir jalan.

“Tentunya tradisi dan budaya ini perlu dipertahankan sebagai motivasi penyemangat bagi anak dan kemenakan kita agar mereka lebih rajin dan giat belajar Al-Qur’an,” ujar Indra Catri.

Dia pun mengharapkan, kegiatan seperti ini agar terus dilaksanakan setiap tahun. Perayaan Khatam Qur’an yang disebut batamat kaji dimaksudkan supaya anak kemenakan lebih giat belajar baca-tulis Al-Qur”an.

“Meski demikian, bagi santri yang selesai berkhatam Al-Qur’an, tidak cukup sampai di sini, tetapi diharapkan agar dapat melanjutkan dan memperdalam ilmu Al-Qur’an ke jenjang lebih tinggi,” pinta Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah.

Sebelumnya. Walinagari Tabek Panjang Aslim Katik Maruhun melaporkan, perayaan Khatam Qur’an ke-7 MDTA Darul Amal Jorong Sungai Janiah ini terselenggara berkat adanya kebersamaan pemuka masyarakat, orangtua santri, panitia penyelenggara serta bantuan dari dunsanak perantau yang juga turut hadir menyukseskan alek tersebut.  “Tentunya kebersamaan dan kekompakan ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk masa mendatang,” ujar Katik Maruhun.


Walijorong Sungai Janiah Weli Umar didampingi Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Tabek Panjang Mawardi Malin Putiah menjelaskan, alek gadang perayaan Khatam Qur’an MDTA Darul Amal Sungai Janiah ke-VII ini benar-benar luar basa, karena prosesinya berlangsung di lokasi Objek Wisata Ikan Sakti Sungai Janiah, sehingga pengunjung dari berbagai daerah turut menyaksikan arak-arakan. (FB / Kasnadi NP) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.