Header Ads

jasa

Asdep Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Raseno Arya Buka Event Pariaman Batagak Gala

Pariaman.canangnews --- Pariaman Batagak Gala  resmi dibuka oleh Asisten Deputi (Asdep) Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, Raseno Arya, bertempat di Rumah Tabuik Subarang, Sabtu malam (23/12).
Raseno Arya mengapresiasi atas apa yang dilaksanakan oleh Pemko Pariaman dalam rangka menaikan budaya lokal dalam sebuah event, dan acara adat yang sarat akan makna ini, di sumatera barat hanya Kota Pariaman yang baru melaksanakan melewakan gala secara serentak, yang dimediasi oleh pemerintahannya.
"Provinsi Sumatera Barat, hanya Kota Pariaman yang baru melaksanakan melewakan gala secara serentak, yang dimediasi oleh pemerintahannya, semoga acara adat yang dimediasi oleh pemerintah daerah ini, jadi pionir bagi pemda lainnya,” ujar Raseno Arya.

Asdep Pemasaran Kementerian Pariwisata RI ini juga mengungkapkan bahwa hanya dengan pariwisatalah yang bisa meningkatkan pemasukan untuk daerah dan negara, karena itu, kemenpar RI sangat mendukung agar di daerah banyak melaksanakan event wisata yang membuat orang ramai datang.
"Kalau infrastruktur, fungsi sebagai peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat akan memakan rupiah dan waktu yang lama, tetapi dengan pariwisata, dengan modal sosial media dan rupiah yang sedikit, dampaknya cukup besar untuk daerah dan masyarakat," tutupnya.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kali kedua yang dilaksanakan oleh Pemko Pariaman, dimana di tahun 2016 lalu, sukses menyelenggarakan PBG yang pertama.
"Kita harapkan masyarakat dapat meninmati seluruh pertunjukan tradisional yang ditampilkan dalam 3 hari penyelenggaraan PBG II ini, mulai dari silek tradisional ulu ambek, pencak silat, talempong goyang, randai, indang dan tari piring," tuturnya.

Pada PBG II ini, ada hal yang istimewa, dimana LKAAM dan KAN se-kota pariaman menyepakati memberikan gelar sangsako pada Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, dan Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Hermawansyah, atas kontribusi mereka, sebagai orang rantau di pariaman, memajukan pariwisata, serta menciptakan keamanan, ketertiban dan ketentraman pada masyarakat Kota Pariaman.


Walau sempat diguyur hujan lebat, tidak menyurutkan antusias masyarakat pecinta tradisi budaya lokal, yang terdiri perguruan silek ulu ambek, se kota pariaman dan kabupaten padang pariaman.(h/adt)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.