Header Ads

jasa

Pimpin Upacara Peringatan HKN ke 53, Wabup Suhatri Berdialog dengan Jajaran Dinkes


Wabup Suhatri Bur menyerahkan penghargaan kepada dokter dan tenaga medis berprestasi 

Paritmalintang, CanangNews -- Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tingkat Kabupaten Padang Pariaman. Upacara berlangsung di halaman Dinas Kesehatan (Dinkes)  –  Paritmalintang, Senin (13/11/2017).

Kegiatan itu diikuti Kepala Dinkes Dr H Aspinuddin beserta seluruh jajarannya. Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Efrianto, Kapolres Padang Pariaman Eri Dwi, Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman Mothia Azis, Kodim Pariaman, Kepala OPD dan Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah.

Setelah membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI serta menambahkan pesan-pesan Bupati Ali Mukhni dan upacara berakhir, Wabup Suhatri Bur mengajak dialog semua peserta upacara yang terdiri dari seluruh pegawai Dinkes serta Unit Pelaksana Teknis  (UPT)  seperti Gudang Farmasi dan 25 Puskesmas. Ia meminta mereka menjadi ujung tombak dalam mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

"Kita punya Program Padang Pariaman Sehat (Papa Sehat) yang menjadi program unggulan Dinas Kesehatan. Oleh karena itu, setiap bidan desa (korong) mengunjungi minimal 5 rumah setiap hari. Kunjungan itu dimaksudkan untuk mendata warga yang sakit serta penyakit yang sedang mewabah. Selain memeriksa kesehatan, data kependudukan juga terbantu. Karena datang ke rumah tentu didata warga yang ada di rumah," jelasnya.

Kalau betul-betul dilaksanakan dengan baik, lanjut dia, maka Padang Pariaman akan tetap terdepan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat sekaligus membantu data kependudukan.

Menurut Suhatri Bur, tugas bidan tidak mengurus persalinan saja tetapi juga dapat mensosialisasikan gerakan hidup sehat. "Tujuan dari itu untuk mendukung visi kabupaten Mewujudkan Kabupaten Padang Pariaman yang Baru,Cerdas, Religius dan Sejahtera," katanya lagi.

Usai upacara, Wabup beserta pejabat yang mendampingi menyerahkan penghargaan kepada Puskesmas, Dokter, dan Paramedis terbaik.

Puskesmas Berprestasi:
`2. Enam Lingkung
3. Patamuan

Tenaga Medis Teladan (Juara 1 tingkat provinsi dan 5 besar tingkat nasional): Dr Robi Satria Putra (Puskesmas Sungai Geringging)
Paramedis Teladan (Juara 1 tingkat provinsi dan nominasi tingkat nasional): Dosi Liana (Puskesmas Gasan Gadang)

Sedangkan penilaian akreditasi puskesmas, dari 10 unit yang sudah dinilai, satu puskesmas meraih kategori Utama dan 7 puskesmas meraih kategori Madya.

Di samping itu, juga diserahkan penghargaan bagi 30 pensiunan Dinas Kesehatan. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.