Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 89 tahun, Pemko Pariaman Gelar Upacara Bendera.

0

Pariaman, Canangnews --- Semoga momentum Hari sumpah Pemuda ini, dapat kembali menyatukan pemuda-pemuda bangsa indonesia umumnya dan Kota Pariaman khususnya, yang saat ini terlena dengan kemajuan dari Globalisasi yang ada, dan semoga Allah SWT memberkahi dan meridhoi kita semua dalam rangka tetap kukuh dalam kerangka Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa, Indonesia.

 Pernyataan tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman ketika bertindak selaku inspektur upacara pada Peringatan 89 Tahun Hari Sumpah Pemuda tingkat Kota Pariaman yang dilaksanakan di Halaman Balikota Pariaman, Senin (30/10).

 Hadir pada upacara ini Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Pariaman yang hadir lengkap, ibu-ibu Ketua TP PKK, GOW, DWP, Persit Kartika, Bhayangkari, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala SOPD, Kabag, Camat dan para peserta upacara yang hadir.

 Mukhlis Rahman yang membacakan Pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) RI, Imam Nahrawi yang menyebutkan bahwa pada saat ini kita sebagai generasi muda hendaknya dapat meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka yang mampu menorehkan sejarah emas bangsa indonesia.

 “Dengan kesulitan yang mereka alami pada masa tersebut, mulai dari susahnya komunikasi, jauhnya perjalanan yang harus ditempuh dari suatu pulau ke pulau lainnya di indonesia ini, tetapi mereka dapat menyatukan persepsi, pandangan tentang pentingnya perstauan dan kesatuan bangsa,” ulasnya.

Perbedaan yang ada pada diri 71 Pemuda yang hadir dari seluruh indonesia pada Arena Kongres Pemuda ke 2 di tahun 1928 inilah, yang akhirnya memelopori lahirnya sendi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang menyatakan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, yaitu indonesia,” ungkap wako membacakan pidato Mempora ini.

 “Dengan kemudahan yang kita miliki saat ini, hendaknya kita dapat lebih memelihara sendi NKRI tersebut, bukan malah saling berselisih paham, mudah sekali memvonis orang lain, mudah sekali dipecah belah, di adu domba, saling menebar fitnah dan kebencian, serta saling mengutuk satu dengan lainnya,” ungkapnya.

 Mukhlis Rahman menyatakan melalui Upacara Bendera yang kita laksanakan hari ini, adalah sebagai wujud kita sebagai bangsa yang besar yaitu menghargai jasa mereka yang menyatukan berbagai perbedaan yang ada dalam wadah tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tutupnya.

 Setelah pelaksanaan upacara, dilaksanakan pemberian Piala dan Hadiah kepada Para Pemenang Lomba Pemuda Pelopor tingkat Kota Pariaman, dan Lomba Lingkungan Sekolah Sehat tingkat Kota Pariaman.

Untuk Pemuda Pelopor, Peringkat I Bidang Pendidikan diraih oleh Jupriman, dan Peringkat II oleh Eka Mulya Oktariana. Untuk Pemenang I Bidang Sosial, Budaya, Pariwisata dan Bela Negara didapat oleh Erwin Tri Ermis dan Pemenang II oleh Harfan.  Juara I Bidang Inovasi dan Teknologi Tepat Guna diperoleh Nanda Rizka Sazkia dan Juara II oleh Afdhal Zikri Alreza.

Untuk Lomba Lingkungan Sekolah Sehat tingkat TK, Juara I TK Insani, Juara II TK Habibi dan Juara III TK Thawalib Padusunan. Untuk tingkat SD, Juara I oleh SDN 06 Punggung Lading, Juara II SDN 09 Pauh dan Juara II SDN 03 Bungo Tanjung.

 Di tingkat SMP Lomba Lingkungan Sekolah Sehat, Juara I SMPN 04 Pariaman, Juara II SMPN 08 Pariaman dan Juara III SMPN 09 Pariaman. Di tingkat SMA, Juara I SMAN 4 Pariaman, Juara II SMAN 2 Pariaman dan Juara III oleh SMAN 3 Pariaman. (***)




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top