Header Ads

jasa

Paud di Padang Pariaman Terima Anugerah Tingkat Nasional dari Bunda Paud Iriana Joko Widodo




PADANG PARIAMAN - Kecamatan Enam Lingkung harumkan nama Kabupaten Padang Pariaman menerima Anugerah PAUD Tingkat Nasional Tahun 2017..Penyerahan Anugerah PAUD tersebut dilakukan langsung oleh Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo kepada pihak-pihak yang berperan bagi peningkatan akses dan layanan pendidikan usia dini (PAUD) di Indonesia bertempat di Allium Hotel Kota Tanggerang, Provinsi Banten, kemaren.
Iriana Joko Widodo yang juga merupakan Bunda PAUD Indonesia menyerahkan Anugerah PAUD secara simbolis kepada delapan orang penerima dari unsur Bunda PAUD, Sosok Peduli dan Organisasi Mitra PAUD.
Jumlah penerima Anugerah PAUD 2017 sebanyak 164 orang yang terdiri atas bupati 5 orang, kepala dinas pendidikan, camat 5 orang dan kepala desa sebanyak 25 orang se Indonesia.
Selanjutnya Bunda PAUD sebanyak 55 orang, Tokoh atau Sosok Peduli PAUD sebanyak 6 orang, Lembaga atau Organisasi Mitra PAUD sebanyak 8 orang, pemenang Festival dan Kreativitas PAUD 15 orang dan pemenang Lomba E-Book PAUD, Edy Game PAUD, dan Lomba Cerita PAUD sebanyak 45 orang.
Dalam sambutannya Ibu Hj. Iriana Joko Widodo memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah berjasa dalam menumbuhkembangkan PAUD sebagai salah satu pendidikan kemasyarakatan di Indonesia.
Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud R Ella Yulaelawati R menyebutkan pemberian penghargaan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2017 mengambil tema PAUD Berkualitas Universal Kunci Keberhasilan Masa Depan.
"Pemberian anugerah PAUD ini berdasarkan kriteria yang telah disepakati sehingga terpilihlah sebanyak 164 orang peserta yang akan menerima penghargaan Anugerah PAUD tingkat Nasional ini," jelas Ella.
Rangkaian kegiatan Penganugerahan PAUD Tingkat Nasional ini juga dilaksanakan semiloka/ Lokakarya yang dilaksanakan sehari sebelumnya dengan narasumber berbagai pihak yang telah berhasil dalam mengembangkan PAUD di wilayahnya.
Meteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi dalam eksposnya mengatakan PAUD merupakan investasi berharga untuk masa yang akan datang, karna itu butuh sentuhan negara dan penanganan secara Universal dimana keluarga miskin tentunya menjadi prioritas utama.
"Bunda PAUD merupakan pelukis dan pemahat generasi yang akan datang. Bunda PAUD telah membuka akses pendidikan PAUD dan Bunda PAUD sebagai pekerja sosial telah banyak berbuat untuk itu perlu sentuhan Bapak PAUD dalam mendukung ini dalam bentuk dukungan anggaran yang diberikan," papar Mendikbud.
Camat Enam Lingkung, Rudy Repenaldi Rilis, sebagai salah satu dari lima camat yang memperoleh Anugerah PAUD Tingkat Nasional Tahun 2017 menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Bupati Padang Pariaman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan seluruh pihak atas dukungan dan kerjasamanya dalam mengembangkan pendidikan PAUD di kecamatan Enam Lingkung.
"Peran Kepala UPT Pendidikan, Nagari, guru PAUD dan seluruh Komponen masyarakat sangat besar sehingga bisa mencapai prestasi ini," terang Rudy
Ia menyampaikan sebanyak 28 orang guru PAUD yang tersebar dalam 11 PAUD di Kecamatan Enam Lingkung telah dianggarkan honornya melalui dana nagari setempat dan ini merupakan kebijakan bersama yang telah disepakati dengan para Wali Nagari se Kecamatan Enam Lingkung.

"Tentunya pekerjaan rumah dalam mengembangkan PAUD ini sangatlah besar dan kita akan berupaya bagaimana ada pihak ketiga yang mau sebagai donatur pembina PAUD yang nantinya akan dituangkan dalam MoU sehingga PAUD sebagai lembaga pendidikan masyarakat lebih terlihat peran besar masyarakat dalam bentuk partisipasi baik dalam penyediaan lahan sampai dengan partisipasi dalam operasional PAUD itu sendiri," tambahnya.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.