Header Ads

jasa

Endarmy: RAT Koperasi Wanita Jaya Bersama, SHU Meningkat

Ketua Koperasi Wanita Jaya Bersama, Endarmy (tengah) bersama pengurus lainnya 


KAYUTANAM, CanangNews – Siapa bilang perempuan hanya bisa mengurus dapur, sumur dan kasur? Di Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman, contohnya, perempuan justru menjadi pelaku ekonomi yang tangguh melalui koperasi. Dimotori Anggota DPRD Provinsi Sumbar Endarmy, Koperasi Wanita Jaya Bersama melakukan rapat anggota tahunan (RAT) secara rutin.

 

Alhamdulillah... RAT Koperasi Wanita Jaya Bersama Tahun Buku 2016 telah kami laksanakan hari ini,” ujar Endarmy selaku ketua kepada wartawan di sebuah mushalla, Jumat (17/32017). Ia didampingi Sekretaris Yenny, Bendahara Elva Zarnita, Ketua Badan Pengawas Yeni Elvia dan sejumlah anggota.

 

Menurut Endarmy, koperasi yang diketuainya mulai berbadan hukum 15 Des 2006 dengan nomor 12/BH/III.3/KPP-PKM/XII/2006, hingga 2017 ini tetap melaksanakan RAT dengan sisa hasil usaha (SHU) selalu meningkat. Untuk tahun buku 2016 SHU berjumlah Rp27.208.300.

 

Koperasi ini, lanjut dia, bercikal-bakal dari Arisan Ibu-ibu Simpang Surga (Simsur) atau Simpang Anduring – Kayutanam dengan anggota awal 20 orang. Waktu itu simpanan wajib masih seribu rupiah perbulan dengan pinjaman maksimal Rp50 ribu.

 

“Kini Koperasi Wanita Jaya Bersama telah tumbuh jadi koperasi yang tangguh, memiliki anggota aktif 128 orang dengan simpanan wajib Rp10 ribu / anggota / bulan. Dengan jumlah modal sendiri Rp302.813.800, anggota sudah dapat memperoleh pinjaman hingga Rp20 juta,” ujar Politisi Partai Nasdem ini.

 

Sumber modal koperasi ini, selain dari anggota juga dana hibah tidak mengikat dari berbagai pihak. Antara lain berupa bantuan sosial (bansos) dari beberapa kementerian dan Pemerintah Provinsi Sumbar. “Berkat kesadaran dan kebersamaan anggota yang sangat tinggi, koperasi kami mampu bertahan berkembang,” kata Endarmy yang juga Ketua Badan Koordinasi Wanita Koperasi (BKWK) Provinsi Sumbar ini.

 

Sekretaris Koperasi Wanita Jaya Bersama Yenny menambahkan, kegiatan koperasi ini tidak hanya sebatas simpan-pinjam, tetapi banyak lagi yang lain seperti sosial, dakwah dan bahkan pernah menyelenggarakan lomba memungut sampah di tanah lapang di depan Kantor Camat 2x11 Kayutanam. (zast)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.