Header Ads

jasa

“ GERMAS” Hadir di Pariaman




 Pariaman.Canangnews --- Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)Untuk wilayah kota Pariaman di minati oleh peserta yg hadir  di Safari Inn Hotel and Cottage, Desa Taluak, Jumat lalu

Sosialisasi ini digelar bertujuan untuk menciptakan warga yang makmur melalui kesehatan dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) serta membasmi dan  mencegah berbagai penyakit di lingkungan masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti selaku mewakili walikota pariaman yang membuka acara ini mengatakan untuk menggalakkan GERMAS, diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan. 
“Karena pada dasarnya, pencegahan penyakit menular maupun tidak menular, sangat tergantung pada perilaku individu. Yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan dan menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas,” tuturnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa di Kota Pariaman, pada tanggal 22 September 2017 yang lalu,  telah mencanangkan Kampanye GERMAS di Pantai Gandoriah, yang dilanjutkan dengan makan buah bersama, yang dipimpin langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis

Rahman, dan dihadiri Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Desa/Lurah dan Tokoh Masyarakat, serta seluruh insan kesehatan dan kader kesehatan se Kota Pariaman.
“Pada acara tersebut, kita juga menyelenggarakan Lounching Pesan Sehat Kota Pariaman dengan Slogan “TABUIK PIAMAN”, yang merupakan singkatan dari 12 Indikator Keluarga sehat,” tutupnya.
Muhammad Iqbal menjelaskan bahwa program sosialisasi GERMAS ini mempunyai maksud untuk mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat dengan cara memakan makanan yang sehat, beraktivitas minimal 30 menit dalam sehari, pengecekkan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali, serta jauhi rokok dan minimum berakohol.
"Stop merokok, mulai untuk memakan buah dan sayuran serta membuang sampah pada tempatnya, dengan cara ini, kita akan dapat hidup sehat, sehingga penyakitpun akan terhidar," katanya

Kesehatan merupakan kerja bersama, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, sehingga perlu kerjasama yang sinergis antara kita semua, sehingga Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS, betul-betul dapat kita terapkan, ungkap Anggota DPR RI ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Bhactiar mengatakan, acara ini diikuti oleh 150 peserta, yang terdiri dari unsur terkait dan masyarakat umum, baik tokoh masyarakat, pemuda dan mahasiswa.

“Penyakit merupakan ancaman terbesar bagi kehidupan, baik penyakit menular dan tidak menular, karena itu masyarakat harus menyadari bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting, dan GERMAS merupakan prilaku yang menghindarkan kita dari penyakit,” Ucapnya.(H/ad)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.