Jop Fair Pariaman Dilouncing, 500 Lowongan Kerja diserbu Pencaker

0


  
Gandoriah Canangnews --- Pameran Bursa Kerja, bertujuan terjadinya penyerapan tenaga kerja sebanyak mungkin, sehingga angka pengangguran terbuka di Kota Pariaman dapat dikurangi.

Hal tersebut disampaikan walikota Pariaman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti pada pembukaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kota Pariaman Tahun 2017, yang akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 28-29 September 2017, bertempat di Pentas Seni Pantai Gandoriah, Kamis (28/9).

ia juga menjelaskan kegiatan semacam ini sangatlah penting dan strategis dalam upaya kita menyebarluaskan informasi kesempatan kerja, baik dalam dan luar negeri, sebagai upaya megurangi tingkat pengangguran terbuka di Kota Pariaman
"Kami berharap, dimasa mendatang, kegiatan semacam ini dapat terlaksana setiap tahunnya, sebagai upaya gerakan penanggulangan angka pengangguran, dan optimalisasi program penempatan dan perluasan kesempatan kerja di daerah," ujarnya.


Lebih lanjut Indra Sakti menyatakan dari data resmi BPS bulan Agustus 2017,  Jumlah angkatan kerja Kota Pariaman sebanyak 38.667 orang, yang terdiri dari laki-laki 22.248 orang dan perempuan berjumlah 16.419 orang, dengan tingkat  pengangguran terbuka sebanyak  2.554 orang yang terdiri dari laki-laki 1.060 orang dan perempuan 1.494 orang atau 6,6 %,

"Angka ini cenderung mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun 2016, dimana jumlah penganggur tahun 2016 berjumlah 2.668 orang, sehingga terjadi penurunan sebesar 114 orang, tingkat pendidikan pengganggur yang banyak adalah SLTA dan S1," tukasnya.

Selain itu ia juga mengatakan agar para generasi muda yang masih belum mempunyai pekerjaan, agar dapat mengikuti program, kursus atau pelatihan yang ada di masing-masing kegiatan OPD, yang rutin kita gelar.

"Dengan keahlian yang mereka miliki dari pelatihan tersebut nantinya, mereka dapat menjadi wirausaha muda yang malah bisa untuk membuka kesempatan bagi yang lain bekerja pada usaha yang ditekuninya," terang Indra Sakti.

Terakhir, ia mengungkapkan berdasarkan laporan Informasi Pasar Kerja (IPK) Kabupaten/Kota  melalui Bursa Kerja Online yang dievaluasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI Bidang Informasi Pasar Kerja, dari bulan januari sampai dengan Agustus 2017 Kota Pariaman berhasil masuk 10 besar terbaik yaitu urutan ke 8 (delapan) secara nasional dalam hal penempatan tenaga kerja.

"Mudah mudahan dengan dilaksanakan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) ini, yang diikuti oleh 22 Perusahaan, baik BUMN/BUMD, lembaga pelatihan dalam dan luar Kota Pariaman, dengan lowongan kerja yang dibutuhkan lebih kurang  500 lowongan jabatan yang tersedia, Kota Pariaman dapat masuk 3 besar terbaik dalam hal penempatan tenaga kerja," tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita tanda diresmikannya Pariaman Job Fair oleh Ketua GOW dan peninjauan ke 22 tenda-tenda  Perusahaan yang ikut bagian dalam acara ini.

Pantauan Canangnews suasana masyarakat kususnya pencari kerja cukup ramai mengunjungi  stand stand yang telah di sediakan , pada hari pertama pencaker terlihat  antusias mencermati lowongan  yang mana bisa di masukan lamaran,Dalam pantauan  sementara di hari pertama ini lebih dari 300 orang pencari kerja mengisi formulir yang telah di sediakan bahkan sore dan malam belum lagi terangkum hal ini keterbatasan  sarana yang ada namun pencaker setia juga menunggui giliran(H/ad)




Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top