Header Ads

jasa

Berita dari Tanah Suci (15): Tawaf Wada', Berpisah dengan Ka'bah

Jamaah asal Kabupaten Padang Pariaman menggunakan jasa pendorong kursi roda untuk tawaf

Arab Saudi, CanangNews – Rabu 13 September 2017 pukul 07.16 WAS (Waktu Arab Saudi – red), 14 orang jamaah haji Kloter 15 Embarkasi Padang berangkat menuju Masjidil Haram untuk melaksanakan Tawaf Wada'. Tawaf yang menjadi wajib haji terakhir ini merupakan tawaf perpisahan yang harus dilakukan jamaah haji sebelum meninggalkan Kota Makkah.

Jamaah yang pergi pagi ini adalah mereka yang uzur secara fisik dan menggunakan bantuan kursi roda. Seyogyanya, waktu pelaksanaan Tawaf Wada adalah sesaat sebelum pergi dari Makkah. Namun, atas dasar pertimbangan fisik, jamaah yang lanjut usia didahulukan tawafnya.

Jamaah haji yang sudah 'sepuh' berangkat naik bus menuju Masjidil Haram untuk Tawaf Wada'

Sesuai jadwal, keberangkatan jamaah menuju Madinah adalah Kamis 14 September 2017 pukul 06.15. Maka, bagi yang mampu, Tawaf Wada' nya dilakukan setelah shalat Isya atau lewat tengah malam.


Sekembali dari tawaf wada', terlihat mata mereka berkaca-kaca. Entah apa yang membuat hati menjadi sendu sehingga air mata berurai deras, tak terbendung. Di antara munajat jamaah di hadapan Ka'bah: "Rabb, Jika ini adalah kali terakhir aku ke sini sebelum wafat, maka jadikan hajiku ini sebagai penggugur dosa-dosa ku. Jika Engkau masih panjangkan usia ku, panggil aku kembali untuk hadir di sini." (Laporan Afrinaldi Yunas, TPHD Padang Pariaman) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.