Header Ads

jasa

Berita dari Tanah Suci (11): Selamat Tinggal, Mina!

Selamat Tinggal, Mina!

Arab Saudi, CanangNews - Memasuki hari keempat berada di Mina, tepatnya tanggal 13 Zulhijjah 1438 H, jamaah haji asal Padang Pariaman selanjutnya bertolak menuju Makkah. Ini berarti jamaah mengambil Nafr Tsani, yaitu berangkat dari Mina menuju Makkah setelah menyempurnakan keseluruhan jamarat (10-13 Zulhijjah).

Sehari sebelumnya, 39 jamaah telah melakukan Nafr Awal, yaitu rombongan berangkat dari Mina lebih awal. Hanya menetap di Mina sampai sebelum magrib 12 Zulhijjah 1438 H. Pilihan ini diambil jamaah sebab memang terdapat opsinya dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah [2] : 203.

Jamaah bersiap menaiki bus menuju Makkah

Minggu malam atau Senin dinihari, sesuai jadwal, jamaah yang masih di Mina menyelesaikan jamarat terakhir. Berangkat dari tenda pada pukul 01.10 WAS (Waktu Arab Saudi – red), jamaah menyusuri dingin padang pasir kota Mina dan sampai di tempat melontar pada pukul 02.33 WAS. Tiba kembali di tenda pada pukul 03.56 WAS.

Jamaah berangkat menuju Jamarat untuk melontar jumrah terakhir

Selesai sarapan pagi, jamaah berkemas dan bergotong royong membersihkan tenda. Ada yang terlihat bahagia, namun ada juga yang murung. Saat ditanya kenapa terlihat murung, Ibu Yuliarni asal Sungai Geringging menjawab: Wajar-lah, Ustadz, entah kapan lagi kita bisa menginap di sini. Kalaupun kita bisa umrah, kan tidak sampai ke sini.

Pemandangan Jamarat (tempat melontar jumrah) saat tengah malam

Suasana seperti ini senantiasa menghiasi hati para jamaah. Penuh haru-biru. Bahagia dan sedih bercampur-aduk.


Sesampai di Makkah, jamaah tidak lantas berangkat ke Masjidil Haram untuk Tawaf Ifadhah dan Sai. Sebab, berdasarkan informasi dari Sektor 7, akses jalan menuju Masjidil Haram ditutup 70% . Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu beroperasinya Bus Shalawat yang akan mengantar jamaah pergi ke Masjidil Haram dan pulang ke hotel secara cuma-cuma pada 5 September 2017 pukul 15.00 WAS. (Laporan Afrinaldi Yunas, TPHD Padang Pariaman) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.