Header Ads

jasa

Penghuni Lapas Kelas IIB Pariaman Naik Tiga Kali Lipat



 Pariaman.Canangnews --- Peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pariaman, memberikan remisi kepada 176 orang yang penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, setelah upacara detik-detik proklamasi di balaikota pariaman, Kamis (17/8)
.
Dari total jumlah 454 orang penghuni Lapas Kelas IIB Pariaman, yang terdiri dari Tahanan sebanyak 97 orang dan Narapidana 357 orang, dengan kasus Narkoba yang paling banyak, yaitu sebanyak  223 orang, Perlindungan Anak 90 orang, Pencurian 37 orang, perjudian 22 orang dan perampokan 18 orang.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan kepada para penerima remisi maupun penghuni lapas yang lain, agar dapat menyibukkan dengan kegiatan dan program yang ada di lapas, sehingga dengan berbagai aktivitas yang mereka ikuti, dapat menjadi modal mereka untuk dapat berinteraksi dan merusaha ketika keluar dari lapas nanti, ujarnya.

“Banyak barang-barang kerajinan yang dihasilkan oleh para penghuni lapas ini, bias menjadi nilai ekonomis yang tinggi, karena itu, tetaplah optimis untuk menatap hari esok, agar setelah keluar nanti dapat menjadi masyarakat yang lebih baik, dan tidak mengulangi kesalahannya selama ini” tutunya.

Wako juga membacakan Pidato Menkunham yang mengisyaratkan kepada para sipir dan anggota lapas yang ada di Indonesia untuk bekerja secara professional, dan mentaati aturan yang telah ditetapkan, karena banyak kasus lapas yang bermasalah yang ada di Indonesia.

Sedangkan  Kepala Lapas Kelas IIB Pariaman Pudjiono Gunawan mengatakan dari 176 penghuni lapas yang diberi remisi, dirinci dengan remisi 6 bulan diterima oleh 6 orang, remisi 5 bulan sebanyak 22 orang, remisi 4 bulan diterima oleh 23 orang, remisi 3 bulan untuk 36 orang, remisi 2 bulan sebanyak 38 orang dan untuk remisi 1 bulan diterima oleh 51 orang, jelasnya.

“Kami di Lapas kelas IIB Paraiman telah mempunyai program-program untuk diikuti oleh penghuni lapas, agar mereka mempunyai kesibukan dan dapat menjadi bekal nagi mereka untuk berusaha ketika mereka t5elah menjadi masyarakat biasa setelah keluar dari lapas ini,” tukasnya.


Hadir dalam acara ini Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dan istri, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin dan istri, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suroparatomo dan istri, Dandim 0308 Pariaman Letkol ARH Hermawansyah dan istri, Kepala Pengadilan Negeri Admiral, Kakan Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur dan istri serta undangan dan para pejabat dan anggota Lapas Kelas IIB Pariaman. (ad/h)  

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.