Berita dari Tanah Suci (3 & 4): Ngebakso, Melepas 'Taragak' Cita Rasa Indonesia

0
Menikmati bakso di Tanah Suci

Saudi Arabia, CanangNews – Sebelas hari sudah Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Padang Pariaman berada di Tanah Suci, jauh dari sanak keluarga. Kami berangkat pada hari Minggu, 13 Agustus 2017, tergabung dalam  Kloter 15 Embarkasi Padang.

Dengan kemajuan teknologi, rasa rindu kepada keluarga dapat terobati dengan melakukan panggilan visual (video call). Ada yang menggunakan paket data pribadi ada juga yang memanfaatkan free wifi di hotel tempat menginap.

Namun, tentu ini hanya seputar komunikasi yang tidak bermasalah. Adapun rindu akan makanan Indonesia tetap saja tidak selesai dengan video call.

Untung saja, di dekat Hotel Asfar Plaza – tempat jamaah menginap, 120 meter arah utara menuju Jabal Nur (bukit tempat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam menerima wahyu pertama) ada pedagang yang menjual bakso.

Info adanya jajanan bakso menyebar dengan derasnya. Di antaranya melalui grup media sosial. Untuk memastikannya, kami juga tidak tinggal diam untuk segera melepas 'taragak' cita rasa kami dan merasakan kenikmatannya.

Hanya berjalan sekitar 10 menit saja, meski menghadang suhu yang mencapai 42°C, akhirnya kami menemukannya. Kami termasuk beruntung, sebab saat kami sampai di kedai bakso jam menunjukkan 21.06 WAS (Waktu Arab Saudi – red), baksonya tersisa 7 porsi saja.

Menurut Abdul, si pedagang bakso asal Solo, Jawa Tengah, ini: "Biasanya jam segini sudah habis, Mas. Mungkin ini takdir, Mas", katanya dengan logat Jawa yang kental.

Hampir sama persis rasanya dengan bakso di tanah air. Hanya tempatnya saja yang berbeda. “Dari segi harga juga tidak terlalu mahal, hanya 3 riyal. Kalo dikonversi ke rupiah sekitar Rp.12.000,- saja. Murah bukan?" demikian pendapat Dokter Yunus (Tim Kesehatan Haji Indonesia Embarkasi Padang) yang juga ikut nimbrung dengan kami.


SAFARI ARMUNA, ORIENTASI TEMPAT AKTIFITAS IBADAH HAJI

Seiring dengan dekatnya waktu wukuf di arafah, di mana hanya tersisa 6 hari saja, terlihat kesibukan panitia sektor 7, yaitu Maktab al-Khadamat al-Maidaniyah sebagai penanggung jawab ibadah haji kloter 15 Embarkasi Padang.

Orientasi atau pengenalan lokasi penginapan dan tempat aktifitas ibadah selama di Armuna

Pagi ini, Jumat, 25 Agustus 2017, Jam 07.15 Panitia membawa 6 utusan dari masing-masing kloter untuk safari Armuna (Arafah, Muzdalifah dan Mina). Dari Kloter 15, diwakili oleh Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji, 2 orang TPHD (Tim Pembimbing Haji Daerah – red) dari Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman serta Ketua Rombongan Jamaah.

Safari Armuna dimaksudkan untuk orientasi atau pengenalan lokasi penginapan dan tempat aktifitas ibadah selama di Armuna. Nantinya, perwakilan kloter inilah yang akan yang akan menyosialisasikan info yang mereka peroleh. Info yang akan menjadi dasar bagi jamaah untuk melakukan persiapan sehingga jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik.

Di Padang Arafah, Jamaah Haji Kloter 15 akan menempati dua tenda. Satu tenda besar dengan ukuran 15 m x 30 m yang satunya lagi tenda kecil ukuran 6 m x 7 m. Kedua tenda ini akan menampung 389 jamaah. Adapun 3 jamaah lagi dalam proses memperoleh Safari Wukuf tersebab faktor kesehatan yang menurun.

Panitia Maktab yang ikut mendampingi Safari Armuna ini, Faishal bin Ahmad, mengatakan: "Banyak kemudahan yang akan diperoleh oleh Jamaah Kloter 15 ini selama di Arafah, di samping bersebelahan dengan dapur, akses ke kamar mandi hanya 10 meter saja. Semoga kemudahan ini membuat jamaah lebih khusyuk dalam beribadah," pungkasnya.

Adapun di Mina, jarak tenda penginapan dengan tempat melempar jumrah berkisar 2 sampai 2,5 kilometer. Jarak yang tidak dekat, ditambah dengan panas yang terik dengan suhu rata-rata di atas 45°C, menjadi tantangan yang berat bagi jamaah, khususnya bagi yang berusia lanjut.

Semoga Allah Yang Maha Penyayang melindungi dan memberikan kekuatan untuk menyelesaikan seluruh ritual ibadah jamaah haji, khususnya jamaah asal Kabupaten Padang Pariaman, aamiiin....


(Laporan Afrinaldi Yunas, TPHD Padang Pariaman) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top