Terima Mahasiswa KKN, Suhatri Bur Minta Sosialisasikan BUMNag

0
Wakil Bupati Suhatri Bur menerima mahasiswa KKN dariProf Isril Berd

Parit Malintang, CanangNews – Wakil Bupati Suhatri Bur menerima mahasiswa yang hendak melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumbar di Aula Kantor Bupati, Paritmalintang, Selasa (11/7/2017).  Para mahasiswa itu nantinya akan ber-KKN di sejumlah nagari di Kabupaten Padang Pariaman. 

Ia meminta mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di daerahnya agar menyosialisasikan kepada masyarakat setempat untuk mempercepat membentuk Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

"Di antara program unggulan pemerintah saat ini yaitu Badan Usaha Milik Desa atau di sini bernama BUMNag," kata Suhatri  Bur. Ia mengatakan kehadiran BUMNag di setiap nagari untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat seperti dengan menampung hasil produksi usaha mikro kecil menengah di daerah dan menjualnya ke daerah lain.

Pada tahun ini pihaknya berupaya agar 103 nagari yang ada di daerah itu membentuk BUMNag sehingga dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat.

"Saat ini baru tiga BUMNag yang sudah berbadan hukum, padahal untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat kita harus memiliki sepuluh badan usaha," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, kehadiran mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN dapat berkontribusi agar salah satu program unggulan pemerintah tersebut berjalan.

"Dalam hal ini mahasiswa dapat memberikan pencerahan tentang BUMNag kepada masyarakat sambil memberikan ilmu yang didapat selama kuliah," tambahnya.

Namun, perlu cara agar ilmu dan apa yang disampaikan kepada masyarakat diterima dan selalu digunakan sampai kapan pun. Caranya yaitu berbaur dengan masyarakat seperti rutin ke surau dan sesekali duduk di kedai tempat mahasiswa itu ditugaskan oleh perguruan tinggi masing-masing.

"Ini merupakan permintaan kami dan menjadi ibadah bagi mahasiswa namun mahasiswa diharapkan membaca berbagai sumber tentang BUMNag," katanya.

Sementara itu, Dosen Universitas Andalas yang mewakili pihak perguruan tinggi, Prof Dr Isril Berd menyebutkan, ada sekitar 1.400 mahasiswa melaksanakan KKN  selama 40 hari yang tersebar di berbagai nagari di kabupaten itu.

Adapun lima perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Andalas, Taman Siswa, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Universitas Bung Hatta, dan Universitas Ekasakti.

"Ada beberapa bentuk yang diselenggarakan dalam KKN ini yaitu seperti pengelolaan kakao, kelapa, dan mitigasi bencana," ujarnya.

Ia mengatakan, selama KKN mahasiswa harus mencari permasalahan di suatu daerah dan menemukan solusinya serta memberikan motivasi kepada masyarakat. (re / zast) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top