Prihatin! Ditelantarkan Suami, Ruth Katawariana Melahirkan Bayi Kembar Tiga

0
Ruth Katawariana, perempuan berusia 18 tahun, bersama bayi-bayinya

Dharmasraya, CanangNews --Viral di pemberitaan media sosial, bayi kembar tiga hasil persalinan ibu muda asal Medan akhirnya dapat bantuan dari Dompet Dhuafa.

Penyaluran bantuan dilakukan setelah Dompet Dhuafa mendapatkan laporan informasi via facebook. Relawan Dompet Dhuafa Singgalang menceritakan tentang kondisi seorang ibu muda yang diduga ditelantarkan suami dan tanpa keluarga melahirkan bayi kembar tiga, Jumat (23/62017) lalu di RSUD Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya.

Sebagaimana diungkapkan Tata Usaha RSUD Sungai Dareh, Gesman, ia hanya diantar oleh teman tanpa didampingi suaminya. Ibu ini terpaksa menginap di RS karena tak memiliki biaya pasca persalinan.


Ruth Katawariana (18) namanya. Ia telah ditemui oleh tim Dompet Dhuafa Singgalang yang dikoordinir oleh Cendra Fauzi, di ruangan perawatan kebidanan dan anak RSUD Sungai Dareh, Rabu (12/7/2017). Bayi kembar tiga yang ia lahirkan dalam kondisi yang memprihatinkan. Sebab selain ditinggal suami, juga tak ada sanak keluarga Ruth di Sumatera Barat (Sumbar).

Bobot bayinya masing-masing hanya 1,2 kg, lahir dengan metode persalinan caesar. Untuk itu memerlukan perawatan khusus dalam inkubator dan pemberian nutrisi melalui infus. Apadaya, Ruth tak memiliki biaya. Ia pun sebatang kara di sini, baru empat bulan merantau dan bertempat tinggal di Gunung Medan – Kecamatan Sitiung, mengikuti suami kala itu.

Menanggapi hal ini, Alhamdulillah..., masyarakat setempat bahu membahu membantu Ruth. Pihak RSUD Sungai Dareh membantu dengan progam Jampersal (Jaminan Persalinan) dan telah dilaporkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya dan Binjai. Biaya sehari-harinya ditanggung oleh Dinas Sosial (Dinsos) Dharmasraya. Kabarnya, biaya kepulangan Ruth bersama ketiga bayinya ke kampung halaman setelah selesai perawatan  nanti juga akan ditanggung oleh Dinsos tempat asalnya.

Meski demikian, Dompet Dhuafa tetap menyalurkan bantuan senilai Rp1,5 juta sebagai tambahan biaya perawatannya dan telah disalurkan. Bayi Ruth kini sudah dirawat di inkubator dan diberi nama Viona, Viony, dan Viola. Sedangkan biaya yang telah dihabiskan sampai saat ini di RS telah mencapai Rp17 juta," pungkas Cendra setelah menyalurkan bantuan, Kamis (13/7/2017). (nisa)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top