Pemkab Padang Pariaman & LAN RI Tekan MoU Pembangunan Gedung Diklat di Tarok City

0
Foto Masrudi Suryanto.
Bupati Ali Mukhni menandatangani naskah MoU dengan LAN RI

PEMERINTAH Kabupaten Padang Pariaman melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) tentang lokasi pembangunan Gedung Diklat (Pendidikan dan Pelatihan – red) di Tarok City, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayutanam.

Penandatangan MoU tersebut berlangsung di Ruang Rapat Gubenuran, Padang, Selasa (4/7/2017), disaksikan langsung oleh Gubernur Irwan Prayitno dan Bupati Ali Mukhni. Turut hadir Kepala Badiklat Sumbar Rosman Efendi, Kepala Balitbang Reti Wafda dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Padang Pariaman.

Foto Masrudi Suryanto.
Kepala LAN RI Ady Suryanto menandatangani MoU  

Dalam kata sambutannya, Kepala LAN RI Ady Suryanto menceritakan, awalnya pembangunan gedung Diklat LAN tersebut diminta oleh Gubernur Sumatera Utara. Adapun lahan yang disediakan seluas 20 hektar. Namun, setelah itu, pihaknya dapat informasi dari Menpan Asman Abnur bahwa Bupati Ali Mukhni mampu menyediakan lahan seluas 100 hektar.

Apalagi status tanah clear and clean merupakan tanah negara yang keseluruhannya berjumlah 697 hektar. 

Foto Masrudi Suryanto.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menandatangani MoU sebagai saksi

"Tak ada keraguan lagi. Insya Allah, Gedung Diklat LAN kita bangun di Tarok City. Kita sudah mulai proses perencanaannya dan sekarang cek lapangan," ujar Ady.

Ia meyatakan, lokasi Tarok City sangat strategis yang berhawa sejuk dan tidak jauh dari Jalan Nasional Padang-Bukittinggi. Kemudian jarak tempuh dari Bandara Internasional Minangkabau hanya sekitar 30 menit. Jadi, cocok menjadi Pusat Diklat Aparatur se-Indoensia.

Foto Masrudi Suryanto.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memuji Bupati Ali Mukhni dengan 8 pantun 

Tahun ini, tambah Ady, disusun perencanaan dan penganggaran untuk diajukan kepada Bappenas dan pembahasan bersama DPR. Proses tersebut sudah menjadi prioritas dan mendapat dukungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Adapun dana pembangunan gedung diklat diperkirakan menelan biaya Rp100 milyar.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada kesempatan itu mengapresiasi Bupati Ali Mukhni yang sukses memajukan daerah melalui infrastruktur skala nasional dan internasional dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Saat ini Kawasan Tarok City dipersiapkan sebagai lokasi kawasan terpadu yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Perkantoran.

"Di Kawasan Tarok City itu nanti ada Kampus ISI Padang Panjang, Politeknik Padang, UNP, UIN Imam Bonjol, Diklat LAN, Rumah Sakit. Ini jangan-jangan Kantor Gubernur pun bisa pindah ke sana," kata Irwan yang juga membacakan delapan pantun pujian untuk Ali Mukhni. 

Mantan Anggota DPR RI itu juga menjadikan Bupati Ali Mukhni sebagai kepala daerah yang patut dicontoh oleh daerah lain. Karena selalu berinovasi membangun daerah dan meningkatkan pelayanan publik. Keahliannya dalam pembebasan lahan dan turun langsung dalam penyelesaian masalah menjadi prestasi yang layak dibanggakan oleh masyarakat Sumbar, khususnya Padang Pariaman.

Mendengar pujian gubernur tersebut, Bupati Ali Mukhni mengatakan, resep ampuh membangun daerah menjaga keharmonisan dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi. Di samping itu, adanya dukungan masyarakat ranah dan rantau yang rindu akan pembangunan di daerahnya.

"Semua yang kita lakukan ini atas seizin dan ridho Allah Subhannahu Wa Ta’ala. Dukungan Pak Gubernur menjadi bahan bakar sekaligus motivasi untuk membangun daerah," ujar Bupati yang terkenal jago lobi itu.

Foto Masrudi Suryanto.
Bupati Ali Mukhni: Dukungan Gubernur jadi bahan bakar 

Guna mendukung prasarana jalan menuju Kawasan Tarok City, Bupati Ali Mukhni telah mengajukan proposal kepada Kementerian Pekerjaan Umum sebesar Rp40 milyar. Dana tersebut untuk pengaspalan jalan sepanjang 3 kilometer dengan lebar 75 meter sekaligus pembangunan fly over.


"Mohon doa masyarakat agar usaha kita ini dilancarkan oleh Allah Yang Mahakuasa," pinta Peraih Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI itu. (***) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top