Header Ads

jasa

Memasuki Tahun Ajaran Baru, 1.000 Pelajar Terima Dana Pendidikan dari Baznas

Penyerahan dana zakat kepada mustahiq

Payakumbuh, CanangNews – Masuki tahun ajaran baru adalah sebuah beban rutin tahunan dan kewajiban yang harus dipenuhi orangtua untuk memenuhi segala perlengkapan yang akan dipakai anaknya dalam menghadapi dunia pendidikan. Tahun ajaran baru identik dengan serba baru: seragam baru dan perlengkapan sekolah baru. 

Kondisi ini menjadi beban tersendiri bagi orangtua, apalagi bagi orangtua yang berada dalam kondisi ekonomi menengah ke bawah dan tergolong kepada mustahiq.

Untuk mengurangi beban tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Payakumbuh mendistribusikan dana bantuan pendidikan untuk 1.000 mustahiq pada 5 kecamatan di kota itu, Sabtu (8/7/2017). Dana pendidikan ini dikhususkan untuk pelajar SD, SLTP dan SLTA / sederajat.

Ketua Baznas Kota Payakumbuh H Mismardi saat mendistribusikan dana pendidikan di Mushalla Baiturrahmah -- Kecamatan Payakumbuh Selatan mengemukakan, dana pendidikan yang didistribusikan kali ini kepada 1.000 pelajar karena orangtua / wali mereka tergolong mustahiq (orang yang berhak menerima zakat - red). Untuk SD sebesar Rp450.000 / orang, SLTP Rp550.000 / orang dan SLTA Rp650.000 / orang.

Adapun data pendistribusiannya, untuk Kecamatan Payakumbuh Barat sebanyak 330 siswa, Payakumbuh Timur 215 siswa, Payakumbuh Utara 254 siswa, Payakumbuh Selatan 80 siswa dan Latina 121 siswa. "Dengan dana pendidikan ini diharapkan para siswa lebih termotivasi, termasuk orangtua mereka,” ujar Mismardi.

Di tempat terpisah, Camat Lamposi Tigo Nagari (Latina) David Bachri saat membagikan dana pendidikan di Mesjid Jihad Parit Muko Ayia menyampaikan ucapan maaf Walikota Payakumbuh karena pada waktu yang sama sedang membuka Gowes dan Gala Desa bersama Menpora di Ngalau Indah.

David Bachri menyatakan, pihaknya sangat apresiasi dengan Baznas Kota Payakumbuh yang mendukung Program Payakumbuh Pintar melalui bantuan dana pendidikan. "Kepada orangtua dan para pelajar, kami harapkan supaya dapat memanfaatkan dana ini dengan maksimal untuk menunjang pendidikan. Manfaatkanlah untuk pengadaan pakaian seragam, buku-buku dan alat tulis,” pinta Camat Latina.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Mesjid Istiqamah -- Kecamatan Payakumbuh Barat, di Aula Kantor Camat Payakumbuh Timur dan Mesjid As Syifa’ Kecamatan Payakumbuh Utara. (ul)


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.