Header Ads

jasa

Masuk Pesantren Zamiga dengan Biaya Ringan


Yayasan Pendidikan Pesantren, Informasi dan Teknologi – Zaminul Ghairi (YPPIT ZAMIGA) memberikan keringanan biaya pendidikan kepada peserta didik, baik tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Di antara keringanan yang diberikan adalah gratis SPP (iyuran bulanan – red) untuk semua santri pada kedua tingkat pendidikan yang dibuka.

Zamiga Islamic Boarding School yang berlokasi di Jorong Parit, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, menggratiskan SPP secara resmi mulai tahun pelajaran (TP) 2017/2018 ini. Tujuannya, untuk membantu meringankan beban orangtua murid, terutama yang kurang mampu. Sebab.  menurut Ketua YPPIT Zamiga Irti Zamin SS, banyak anak putus sekolah hanya karena biaya yang tak terpenuhi.   

 Oleh karena itu jelas Irti, dengan gratis SPP ini masyarakat sekitar sudah mendapatkan akses pendidikan yang mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Apalagi biaya lainnya seperti uang pembangunan juga diputuskan sesuai kesepakatan walimurid dengan biaya ringan dan terjangkau.

Irti Zamin yang didampingi Wakil Ketua Yayasan Megawati, Kepala Bidang Kepesantrenan Indra Yaman SPdI dan Panitia Pendaftaran Siswa Baru (PPSB) MTs dan SMK Zamiga, Atriman SPd lebih lanjut menyebutkan, saat ini masih dibuka pendaftaran peserta didik baru TP 2017/2018. Ada dua tingkatan atau satuan pendidikan yang dibuka, yakni tingkat MTs PP Zamiga dan SMK TI Zamiga.

Untuk tingkat MTs, papar dia, pada tahun ini merupakan penerimaan siswa tahun keempat sejak madrasah ini didirikan tahun 2014. Sedangkan untuk tingkat SMK merupakan penerimaan siswa tahun kedua yeng kedua, sejak SMK Kejuruan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) berbasis pesantren ini dibuka tahun 2016 yang lalu.

Program plus MTs dan SMK Zamiga, menurut Irti Zamin, antara lain  kursus komputer perkantoran, bahasa Arab dan bahasa Inggris bersertifikat, bekerjasama dengan LPK TRIA Parit. Selain itu juga ada program Tahfidz Qur’an.  
Mengenai ekstra kurikuler dan pelatihan, ada berbagai bidang yang diaktifkan, seperti, tilawah & tartil Qur’an, dram band, seni tari, rebana, olahraga, pramuka, pidato dan khubah, jurnalistik dan bimbel.

Pesantren Zamiga Parit, dikenal sebagai lembaga pesantren modern yang memadukan ilmu kepesantrenan dengan ilmu umum dan keterampilan. Alumninya diharapkan siap menghadapi perkembangan zaman dan teknologi.


Sebab, melalui pendidikan pada Pondok Pesantren Zamiga, siswanya diarahkan untuk meraih iman dan taqwa (imtaq), ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta keterampilan, “ kata Irti mengakhiri. (***)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.