Header Ads

jasa

Launching “ASN Kemenag Basurau”, Dukung Terwujudnya ABS ABK



Pilubang, CanangNews – Program “ASN Kementerian Agama Jelas Suraunya” merupakan program dimana asn kankemang Kota Payakumbuh aktif dalam kegiatan keagamaan kemasyarakatan di mana personal asn kemenag berdomisili. Program merupakan inovasi Kasi Bimas Islam, Endra Rinaldi, dan inovasi tersebut mendapat respon positif dari Kepala kankemenag Kota Payakumbuh, Asra Faber.

Program ini dilounching dalam sebuah kegiatan halal bi halal, dengan menghadirkan penceramah mantan Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Hamidy.

Hari itu, Sabtu (8/7/2017), sekitar 2.500 orang yang terdiri dari 371 ASN kemenag, Guru PAI, PAI honorer, Pengurus Ormas Islam dan undangan, hadir beserta keluarga dalam Momen Halal bi Halal silaturrahmi pasca Idul Fitri keluarga besar kankemenag Kota Payakumbuh di Torang Syariah Resort yang terletak di Nagari Pilubang, Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota, HBH ini juga dihadiri Kasubbag TU Kankemenag Kab. 50 Kota, Ifkar

Halal bi Halal yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB ini diawali dengan pembukaan dan laporan Ketua pelaksana HBH, Mustafa.

Mustafa melaporkan, ” Halal bi Halal merupakan agenda tradisi rutin yang menjadi tanggung jawab kita semua, dan kegiatan ini mesti dilestarikan. Melestarikan hal yang lain untuk mengambil hal baru yang lebih baik, dalam rangka meningkatkan ukhuwah islamiyah, dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa, sehingga ASN kemang jadi ustwah.”

Acara puncak, pejabat dijajaran kankemanag bersama ustadz Hamidy berkumpul di satu titik untuk pelaksanaan lounching “ASN kemenag jelas Suraunya”. Lounching program ini dilaksanakan Kepala kankemenag Kota Payakumbuh Asra Faber, disaksikan keluarga besar kankemenag, Ketua DW Unit Agama dan kepala Kankemenag Kab. 50 Kota.

Kepala kankemenag Asra Faber dalam melounching ditandai dengan melepas balon bertuliskan ASN Kemenag Bersurau. Asra Faber menjelaskan, Kota Payakumbuh adalah kota kaya inovasi, termasuk Kankemenag Kota Payakumbuh, seperti Halal bi Halal yang kita laksanakan saat ini.

Payakumbuh telah buat edaran dengan Kadiknas dalam rangka menciptakan akhlak mulia, bersama ormas islam juga telah sepakati Payakumbuh anti paham sempalan dan aliran yang menyesatkan. Kankemenag kota Payakumbuh selalu siap dalam mendukung program Pemko Payakumbuh, dan ini tertuang dalam misi kita. Dan lounching kita kali ini juga penunjang program pemko dan pemkab, karena ASN kita tersebar di Luak Limopuluah, Agam, Bukittinggi dan Tanah Datar.

ASN Kemenag Jelas Suraunya, merupakan program bagaimana ASN Kemenag beserta Guru PAI, aktif meramaikan mesjid dengan kegiatan keagamaan, khususnya shalat 5 waktu, tempat ASN kita itu berdomisili. ASN Kemenag harus pertahankan suasana Bulan Ramadhan untuk bulan di luar Ramadhan, sehingga keberadaan ASN Kemenag di Masyarakat dirasakan optimal. Secara teknis lapangan, kita serahkan kepada ASN ybs, namun secara kelembagaan, kita telah buat komitmen tertulis. Kita juga akan koordinasi dengan Pemko, dalam kegiatan monitoring jemaah mesjid pasca Ramadhan,” tukuk Asra Faber.

Halal bi Halal keluarga besar kankemenag menghadirkan pentausiyah mantan Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Hamidy. Ustadz Hamidy juga anggota keluarga besar kemenag. Hamidy pernah mengajar di MAN / MAPK, Irsyad Syafar, Gusrizal Gazahar dan Darius adalah muridnya. Kemudian Hamidy pindah mengajar di Tawalib dan MTs Muhammadiyah Kauman, dan akhir jabatannya tahun 1998 Hamidy beralih ke dunia politik menjadi Ketua DPRD Kota Padang Panjang, 2 periode. Hamidy merupakan tokoh legislatif yang sangat peduli dengan keagamaan.

Ustadz Hamidy mengambil dasar paparan tausiyahnya dengan surat Muhammad ayat 7,  “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad : 7).

”Ijazah yang terbaik dan mahal bukanlah ijazah akademik, tapi ijazah mahal itu ijazah dari masyarakat. ASN Kemenag adalah ustwah, dengan jabatannya diharapkan menjadi penerang bagi umat dalam syariat islam. habis jabatan, kita akan kembali ke masyarakat. Keberadaan asn kemenag harus optimal dalam membela agama Allah, sehingga Allah akan menolong kedudukan kita.

Marilah kita tegakkan syariat islam dengan berjamaah. Shalat yang paling mahal itu adalah shalat Shubuh, pahala shalat ini khusus dari Allah dibandingkan shalat wajib lain. Ulama yang baik adalah ulama yang bisa mengatur dunia dengan ayat dan aturan Allah, dibuktikan dengan teguh memegang aqidah, taat beragama dengan melaksanakan pokok 17 rakaat sesuai waktu dan ditambah shalat sunat dan ibadah lain, dengan tulus ikhlas. ASN Kemenag harus jadi Pelopor Tegaknya ABS / ABK (Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah – red) di lingkungan tempat tinggalnya,” dukung Hamidy.


Setelah mendengarkan tausiyah, keluarga besar kankemenag mengadakan makan bersama. Kebersamaan terlihat dengan pertukaran jedah bawaan. Setelah shalat Dzhuhur berjamaah, kegiatan Halal bi halal dirangkai dengan Out bond di Torang Syariah Resort penuh kebersamaan. (UL)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.