Header Ads

jasa

Kemenag dan Disdik Berkolaborasi untuk Sukseskan Pentas PAIS


Payakumbuh, CanangNews – Menghadapi iven Pentas Pendidikan Agama Islam (PAIS) tingkat Provinsi, 25 s/d 27 Juli 2017 mendatang. Kabarnya, Pentas Pais ini akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Mesjid Nurul Iman Kota Padang. Pentas Pais merupakan kompetisi siswa sekolah umum dalam mengamalkan pendidikan agama islam di sekolah umum. Kegiatan ini dihandle oleh Seksi PAIS pada Kemenag dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.

Sebagaimana yang dilaporkan Kasi Pais, Sri Yusnita saat memimpin rapat koordinasi persiapan pemberangkatan 30 kontingen Pentas Pais untuk berlaga di tingkat provinsi nantinya. Tampak hadir dalam rakor ini Kepala Dinas yang diwakili Kabid PNFI Tavril Samry, Kasubbag TU, Pengawas PAI Sekolah Umum, dan 14 kepala sekolah yang anaknya diutus sebagai atlit dalam Pentas Pais ini.

“Pentas PAIS dulu, Payakumbuh raih Juara umum. Untuk itu pertahankan juara, dalam rapat ini kami gambarkan bahwa dana yang tersedia pada DIPA Seksi Pais dalam rangka iven ini, difokuskan pada kebutuhan atlit, sementara kita sebagai panitia, pendamping dan pengembira tidak disediakan, termasuk transpotasi. Untuk tahun 2017, Sekretariat lomba di Hotel Bunda Padang, sementara kita harus mencari lokasi inap atlit yang dioptimalkan tidak jauh dari lokasi lomba.

Sebagai pendukung, kita sudah punya sebuah mobil operasional milik kemenag yang bisa kita manfaatkan di Padang dalam rangka mengantar siswa untuk berlomba di 4 lokasi di Padang. Karena keterbatasan tersebut kami mohon bantuan kepada Kepala Dinas Pendidikan, untuk lancarnya kegiatan ini dengan baik,” harap Sri Yusnita.

Mendengar keluhan dan gambaran dana dari Kasi Pais Kemenag, Kabid PNFI Tavril Samry merasa prihatin.

“Kita akan bantu dari dana Diknas termasuk dari sekolah yang anaknya ikut sebagai utusan Payakumbuh. Kita harus berkolaborasi, ndak ado kayu janjang dikapiang (diupayakan-red), karena Padang bukanlah kampung kita, otomatis kita butuh dana. Kita atasi bersama, termasuk masalah transportasi, akomodasi dan uang saku serta penghargaan nanti terhadap atlit yang juara. Juara Umum harus tetap Payakumbuh, ” dukung Kabid PNFI.

Kepala kankemenag yang diwakili, Kasubbag TU, Mustafa mengucapkan terima kasih setelah mendengar dukungan Diknas untuk sukseskan iven ini.

“Terima kasih Pak Kadiknas. Secara umum kita sangat jauh ketinggalan dengan Diknas, bandingannya Seksi dengan Kadiknas. Seksi Kami di Kemenag berada dibawah Sub Bagian sementara Diknas langsung otonom. Walau basalimuik kain sarung (kekurang), kami sangat apresiasi sekali dukungan Dinas Pendidikan. Tampa kebersamaan, kita tidak akan solid, karena kita saling berkaitan dalam rangka memajukan prestasi Payakumbuh dalam segala iven dan programnya,” sambut Mustafa.

Berhubung Pentas Pais ini akan dibuka pukul 13.30 oleh Gubernur, pemberangkatan kontingen akan dilaksanakan pukul 07.00 pagi pada tanggal 25 Juli 2017 dan berkumpul di Kankemenag Kota Payakumbuh. Dalam rakor ini juga disepakati terkait RAB yang akan dibutuhkan serta transpor yang akan disewa. Rakor ini juga membicarakan kesepatan tempat inap, yang tidak jauh dari atlit.


Pentas PAIs Tahun 2017 ini akan mempertandingkan lomba MTQ, Hafidz, CC, pidato, nasyid, kaligrafi dan debat. (ul)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.