Kabupaten Dharmasraya Nominator Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2017

0
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan

Jakarta, CanangNews – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan memaparkan program pengelolaan lingkungan hidup dalam penilaian tahap akhir sebagai nominator penerimaan penghargaan Nirwasita Tantra Award 2017. Kegiatan itu berlangsung di hadapan Tim Independen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) RI di Gedung Rimbawan II Jakarta, Jumat (7/7/2017). 


Kabupaten Dharmasraya menjadi nominator untuk penerimaan Nirwasita Tantra Award 2017 bersama kabupaten lainnya seluruh Indonesia yang masuk nominator. Di antaranya Kabupaten Jombang, Tulung Agung, Malang, Lumajang, Tanjung Jabung Timur, Kerinci, Lamongan, Sukoharjo, Madiun, Pesisir Selatan dan Kabupaten Sleman. 


Nirwasita Tantra Award adalah penghargaan dari pemerintah pusat melalui Kemen LHK terhadap kepala daerah (gubernur dan bupati / walikota) yang dinilai memiliki kepemimpinan yang mampu merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja berbasis pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. 

Penilaian penghargaan Nirwasita Tantra didasarkan atas dokumen status lingkungan hidup daerah (SLHD), yaitu dokumen yang menyatakan kondisi, permasalahan, dan kebijakan dan/atau program yang ditetapkan dan diterapkan oleh pemerintah daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya.
(red) 


Sebelumnya, tahun 2016, Kabupaten Dharmasraya di bawah kepemimpinan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan pun telah berhasil menerima penghargaan Nirwasita Tantra Award pada urutan kedua.

Ketika memaparkan presentasi di hadapan tim independen yang berjumlah 8 orang, Bupati Sutan Riska membeberkan program-program yang telah dilakukan Kabupaten Dharmasraya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Ia pun menyatakan komitmennya dalam melestarikan lingkungan hidup.

Menurutnya, bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup, pihaknya memiliki komitmen tinggi untuk melestarikan lingkungan hidup demi kesejahteraan masyarakat.


"Komitmen ini telah kita lakukan sejak awal hingga saat ini. Sebelumnya kita berhasil meraih terbaik dua dan kita berharap tahun ini kita menjadi yang terbaik," cetusnya.


Dalam penilaian tahap akhir ini, ada 8 provinsi, 8 kota serta 12 kabupaten yang masuk tahapan akhir wawancara. Sebelumnya, sebanyak 24 provinsi, 40 kota dan 109 kabupaten yang mengikuti tahapan penilaian ini. (hum / zast) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top