Header Ads

jasa

Safari Ramadhan DPRD Sumbar, Endarmy Terkesan pada Pengelolaan Masjid Nurul Iman – Kalawi, Sungai Geringging

Endarmy, anggota Komisi V DPRD Provinsi Sumbar

Kuranji Hulu,  CanangNews – Walaupun dihadang hujan lebat, tidak menyurutkan semangat Endarmy, anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mengunjungi Masjid Nurul Iman – Kalawi, Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Senin (12/6/2017). Ternyata kedatangannya dinanti dan disambut sekitar 250 jamaah.

Dengan membawa serta Mubaligh Ustadz Mardiansyah, empat perempuan aktivis majelis taklim dan Wartawan CanangNews, Wakil Rakyat dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu menerobos hujan menuju pedalaman Sungai Geringging setelah berbuka puasa di sebuah rumah makan di Kota Pariaman. Untunglah sopir mobil yang ditumpangi rombongan sangat cekatan mengendarai.

Tiba di masjid yang dituju pukul 20.17, Endarmy dan rombongan disambut Pengurus Masjid yang diketuai Ory Sativa Syakban SPdI Tuanku Sidi Basa. Tak lama, Camat Sungai Geringging Rustam SE MM bersama perangkat serta Walinagari Kuranji Hulu Maswardi bersama perangkatnya pula ikut bergabung.

Setelah menunaikan shalat Isya berjamaah, acara silaturrahmi pun dimulai. Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman – Kalawi, Ory Sativa mengucapkan terimakasih atas kedatangan Endarmy dan rombongan. Ia pun melaporkan kegiatan masjid yang tidak hanya sekadar tempat menunaikan Shalat Jumat.

Jamaah Masjid terlihat antusias mengikuti acara silaturrahim

“Bu Endarmy dan jamaah semua mungkin tercengang menyaksikan dua gadis cilik yang baru saja berduet melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Hal itu merupakan kreativitas kami sebagai bagian usaha menjadikan agar masyarakat semakin mencintai Al-Qur’an,” ujar pria berusia 30-an tahun itu.

Menurut Ori, banyak kegiatan yang ia laksanakan bersama para pengurus dalam memakmurkan masjid setiap saat. Selain menyelenggarakan Taman Pendidikan dan Seni Al-Qur’an (TPA / TPSA), juga mengaktifkan Kelompok Remaja Masjid dan Majelis Taklim. “Alhamdulillah... semua kegiatan yang kami laksanakan mendapat dukungan masyarakat beserta pemerintah nagari dan kecamatan.”

Ory Sativa Syakban SPdI Tuanku Sidi Basa

Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut dia, kesadaran jamaah terus meningkat. Indikatornya antara lain mereka tidak lagi membawa sandal ke teras masjid yang berlantai marmer. Selain itu, mereka juga sudah menjaga kebersihan tempat berwudhu’.

Namun, pada kesempatan itu, Ory mengungkapkan kekecewaannya kepada pemerintah daerah terkait penyelenggaraan Pesantren Ramadhan bagi murid Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan siswa Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). “Tahun lalu, peserta Pesantren Ramadhan di masjid ini mencapai 360 murid dan siwa, Ramadhan tahun ini hanya sekitar 160 anak.”

Penyebabnya, kata Ory men-sinyalir, tidak ada sinkronisasi antara Bagian Kesra Setdakab, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama. Akibatnya, murid dan siswa tidak lagi memiliki kepastian untuk apa mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan yang berlangsung serentak selama enam hari, 9 s/d 15 Ramadhan 1438 Hijriyah.

Ucapan terimakasih senada juga disampaikan Walinagari Maswardi dan Camat Rustam. Bahkan, Rustam mengajak seluruh jamaah senantiasa bersyukur, lalu menguraikan pengertian dan wujud syukur itu secara luas.

Camat Sungai Geringging Rustam SE MM

Menanggapi laporan Ory, Endarmy menyatakan keterkesanannya terhadap pengelolaan Masjid Nurul Iman – Kalawi. Ia menyebutkan, sosok dan aktivitas Ory Sativa patut dicontoh oleh para pengurus masjid yang lain.

“Saya sangat takjub kepada Ory Sativa Tuanku Sidi Basa yang sangat gigih berjuang untuk memakmurkan masjid yang dia pimpin. Beliau tidak hanya pasif menunggu, tetapi proaktif mencari sumber-sumber dana untuk membiayai kegiatan dan pembangunan masjid, termasuk mendatangi kami ke DPRD Sumbar,” ujar Endarmy yang juga Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Padang Pariaman ini.

Mengakhiri kata sambutannya, Endarmy menyerahkan bantuan sebesar Rp20 juta untuk Masjid Nurul Iman – Kalawi. Bantuan tersebut, katanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumbar tahun 2017. Pengurus cukup menanti dana masuk rekening, ia yang akan mengurus proses administrasinya di kantor gubernur.


Selain itu, Endarmy juga terlihat menyerahkan sumbangan pribadi untuk kegiatan masjid sebesar Rp250 ribu dan kepada Ory Sativa Rp250 juga. Silaturrahim berakhir dengan tausiyah yang disampaikan Ustadz Mardiansyah dengan tema: Berpuasa merupakan cara Allah Yang Mahakuasa memanusiakan manusia. (zast) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Petrovich9. Diberdayakan oleh Blogger.