Header Ads

jasa

Masuk Nominasi, Puskesmas Batang Gasan & Sungai Geringging Dikunjungi Tim Penilai Tingkat Provinsi Sumbar

Ketua DPRD Faisal Arifin didampingi Kadinkes Aspinuddin serius menyimak ekspos

Batang Gasan,  CanangNews – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batang Gasan dikunjungi Tim Penilai dari Provinsi Sumatera Barat, Selasa (16/5/2017). Tim yang diketuai oleh dr Lila Yanwar MARS melakukan cek fisik karena puskesmas tersebut mewakili Kabupaten Padang Pariaman dalam nominasi tingkat provinsi untuk dua dari 5 kategori penilaian.

Dalam hal ini, Puskesmas Batang Gasan mendapat 2 nominasi, yakni sebagai puskesmas berprestasi dan tenaga kesehatan teladan. Satu lagi, Puskesmas Sungai Geringging mewakili Kabupaten Padang Pariaman dalam dokter dan tenaga medis berprestasi.

Acara diawali dengan aktifitas fisik selama 15 menit dengan gerak bersama sambil menyanyikan lagu "Goyang Dumang" yang di populerkan oleh penyanyi Cita Citata. Tim Penilai bersama Ketua DPRD Faisal Arifin, Staf Ahli Bupati Suarni Murad, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aspinuddin, Kepala Puskesmas beserta para Bidan, Walinagari dan semua peserta acara penilaian bergerak fisik sambil senam bersama  dengan tujuan menyegarkan badan.

“Mari kita tingkatkan pelayanan dan bekerja keras karena Puskemas Batang Gasan dalam 15 tahun ini belum menunjukkan prestasinya. Dengan momen ini kita akan memenuhi indikator-indikator demi mencapai harapan Padang Pariaman juara pertama tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ujar Ketua DPRD H Faisal Arifin SIP.

Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Hj Suarni Murad SH MPd mengatakan, pada hakikatnya puskesmas berprestasi adalah puskesmas yang memberikan keunggulan kompetitif, memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan, membangun dan meningkatkan pelayanan dengan kerja tim antar staf, memberikan pendidikan kepada seluruh komponen perangkat kerja puskesmas dan pengingkatan fasilitas penunjang kesehatan serta meningkatkan keamanan dalam bekerja.

Pimpinan bersama Tim Medis Puskesmas Batang Gasan

“Manfaat penilain ini bagi dinas kesehatan ialah sebagai wahana peningkatan mutu kinerja melalui peningkatan berkesinambungan melalui sistem manajemen puskesmas. Mudah-Mudahan Puskesmas Batang Gasan menjadi juara. Selamat berlomba, tunjukkan pada tim penilai bahwa kita layak jadi juara,” tutur Mantan Sekretaris Dewan Perwakiran Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman ini.

Sedangkan Ketua Tim Penilai dr Hj Lila Yanwar MARS menjelaskan, yang akan dinilai ialah kinerja pokok, pelayanan masyarakat, kerjasama puskesmas dengan masyarakat dalam kesehatasn serta peran serta camat dan muspika dalam menunjang  pelayanan kesehatan masyarakat.

“Yang utama sekali ialah menurunkan yang sakit dan meningkatkan yang sehat,” kata Mantan Kepala RSUD Pariaman ini.

Pada tahun 2015, lanjut Lila Puskesmas Siberut – Mentawai meraih prediket juara pertama nasional dan pada tahun 2016 Puskesmas di Dharmasraya mendapat juara II nasional sebagai puskemas berprestasi.   

“Jika Puskesmas Batang Gasan Bisa memenuhi pokok penilaian dari Tim Penilai yang terdiri dari unsur Poltekes, BPJS dan Dinas Kesehatan, maka tentunya bukan tidak mungkin Puskesmas Batang Gasan tahun ini yang akan ke Istana Negara bertemu dengan presiden,” katanya lagi.


Pimpinan Puskesmas Batang Gasan menyampaikan ekspos dengan menunjukan dokumentasi kepada tim penilai di layar Infokus tentang program apa saja yang telah mereka laksanakan dan target ke depan serta peran Dinas Kesehatan Padang Pariaman dalam pengarahan pelayanan kepada masyarakat. Setelah itu, tim penilai masuk ke dalam Ruangan Gizi, Ruang Poliklinik, IGD (Instalasi Dawat Darurat), Poli Anak dan Ruang Promosi Kesehatan sesuai kriteria penilaian. (Pandu / zast)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.