Imapar UIN IB Padang Melakukan Bakti Sosial di Sikabu Lubuk Alung

0
Suasana pembukaan Bakti Sosial Masyarakat 

Lubuk Alung, CanangNews -- Bupati Padang Pariaman diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Erman membuka secara resmi kegiatan Bakti Sosial Masyarakat Ikatan Mahasiswa Piaman Raya (Imapar) Cabang Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang. Acara pembukaan berlangsung di Surau Balenggek, Sikabu Lubuk Alung, Jumat (19/5/2017) malam.

Turut hadir malam itu Kabag Humas dan Protokol Andri Satria Masri, Kepala KUA Lubuk Alung, Ketua Bamus Sikabu Dt Panyalai, Perangkat Nagari Sikabu, Pengurus Surau Balenggek dan masyarakat setempat.

Dalam kata sambutan Bupati yang disampaikan Erman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan Imapar. Menurut Erman, kegiatan ini telah membantu program pemerintah dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah daerah sangat terbantu dengan kegiatan seperti ini karena sedikit banyak dapat meringankan beban kerja pemerintah dalam pembangunan daerah di pelosok daerah," ujar Erman.

Masih menurut Erman, keterbatasan anggaran dan SDM membuat pemerintah kewalahan dalam memenuhi aspirasi masyarakat yang membutuhkan perbaikan sarana prasarana Nagari.

Di saat yang lain, kata mantan Camat Batang Anai ini, pemerintah sedang berupaya menuntaskan Kode Pemerintahan Nagari yang baru dimekarkan sebanyak 43.

"Dengan tuntutan dan aspirasi yang begitu banyak membuat pemerintah bekerja keras untuk menyelesaikannya. Ini terkait dengan pesan Bupati Ali Mukhni yang meminta pejabat menjadi pelayan bukan pejabat yang minta dilayani," jelasnya lagi.

Terkait dengan masalah sosial kemasyarakatan seperti penampilan orgen tunggal yang masih melanggar aturan Perbup, Erman menjelaskan bahwa diperlukan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten dengan Kecamatan dan Nagari, terlebih lagi tokoh masyarakat, pemuda dan Bundo Kanduang.

"Jika semua elemen masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman Saiyo Sakato membangun dan memperbaiki daerah ini maka permasalahan sosial kemasyarakatan dapat kita atasi," katanya menutup.

Sementara itu Pembina Imapar Kota Padang Roby Hadi Putra yang dikenal sebagai tokoh pemuda Kota Padang menyampaikan pesan senior Imapar yang tidak bisa hadir malam itu karena kesibukan pekerjaan di Padang. Namun Roby menjanjikan mereka akan hadir besok pagi atau siang. Senior yang dijanjikan hadir adalah Wirya Fansuri, Nurnas dll.

Menurut Roby, keberadaan Imapar adalah sebagai kontrol sosial kepada pemerintah daerah, Imapar juga ikut berkontribusi membangun daerah.

"Lubuk Alung adalah daerah yang sedang berkembang menuju daerah maju perlu mendapat perhatian yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap Roby.

Roby juga mengatakan bahwa kondisi sosial kemasyarakatan di Lubuk Alung sangat memprihatinkan. Sering terjadi pelecehan seksual terhadap usia muda. Untuk itu Roby berharap perhatian pemerintah untuk mengantisipasi atau mencarikan solusinya.

Ketua Panitia Syahrul Mubarak dan Ketua Cabang Imapar UIN IB Padang Jamal Mirdad menjelaskan dalam laporan, kegiatan bakti sosial yang mereka adakan adalah dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Kemudian melaksanakan program kerja organisasi.

"Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 50 orang anggota Imapar UIN IB Padang," lapor Syahrul Mubarak.

Ditambahkan oleh Jamal Mirdad bahwa BSM sebagai proses belajar dan mengabdi ke masyarakat.

"Kegiatan yg akan dilakukan sosialisasi ke masyarakat tentang berbagai hal yang dibutuhkan masyarakat, siswa dan pelajar, gotong royong, didikan subuh, tabligh akbar," tutupnya.

Usai pembukaan, acara dilanjutkan diskusi pembangunan Nagari dengan narasumber Andri Satria Masri yang dimoderatori Roby Hadi Putra. (h/a)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top