Header Ads

jasa

Bupati Ali Mukhni: Benahi Lingkungan RSUD



Bupati Ali Mukhni memberi pengarahan kepada Dirut RSUD Lismawati Rasyid

Paritmalintang, CanangNews — Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan mengembangkan bangunan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah – red) di Nagari Paritmalintang. Pasalnya, keberadaan RSUD itu dinilai menjadi kebutuhan utama pelayanan kesehatan masyarakat. Untuk itu, Bupati Ali Mukhni meminta pihak RSUD memiliki mimpi yang besar dalam pengembangan sarana dan prasarana serta menjadikan lingkungan asri.

“Jadi mulai sekarang Bu Dirut (Direktur Utama) harus memiliki mimpi yang besar untuk mengubah RSUD ini. Bahkan menjadi kebanggaan masyarakat Sumbar nantinya,” pinta Ali Mukhni saat mengunjungi RSUD dalam rangka pengukuran lahan untuk penambahan jumlah gedung – sebagaimana dirilis Humas, kemarin.

Kata Ali Mukhni, apabila pihak RSUD memiliki mimpi yang besar untuk menjadikan fasilitas kesehatan itu lebih baik, tentunya akan ada wujud perubahan pada RSUD tersebut.

“Kalau seseorang hanya bermimpi membangun gubuk, bagaimana akan terwujud gedung besar. Makanya saya ingin Bu Dirut RSUD yang baru bermimpi mewujudkan gedung besar untuk RSUD ini,” katanya.

Selain itu, imbuh Ali Mukhni, menjadikan RSUD lebih baik harus dimulai dengan pembenahan pelayanan dan penataan lingkungan. Misalnya membuat taman-taman di sekitar RSUD melalui gerakan tanam bunga atau pohon. Untuk itu, dia meminta Dirut RSUD berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (LHPKPP).

“Lihat saja di belakang RSUD ini, pemandangannya sangatlah indah. Kalau dibuatkan taman di belakang ini tentu bisa digunakan keluarga pasien untuk bersantai ketika menjenguk. Saya sudah minta Dirut berkoordinasi dengan Dinas LHPKPP dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk penataan tamannya,” ujar Bupati peraih Ksatria Bhakti Husada itu.

Terkait kelanjutan satu gedung RSUD, Ali Mukhni mengatakan, telah dianggarkan pihaknya tahun ini. Untuk itu, dia memastikan, gedung belakang RSUD rampung tahun ini dengan struktur empat lantai.

“Kalau gedung di belakang sudah selesai, tentu semakin banyak ruangan di RSUD ini. Otomatis pasien akan semakin banyak. Makanya saya meminta betul agar lingkungan tuurut di perindah,” ujarnya.

Kendati demikian, Ali Mukhni belum merasa puas dengan jumlah bangunan RSUD yang ada nantinya. Sebab dia masih berupaya menggaet anggaran dari pemerintah pusat untuk penambahan satu unit gedung lagi.

“Jadi di depan gedung yang akan diselesaikan tahun ini, juga akan kami bangun gedung empat lantai. Makanya sekarang saya mengajak Dinas PUPR untuk mengukur lahannya,” jelas dia.

Ali Mukhni juga mengatakan, penambahan gedung itu sudah lama direncanakannya. Bahakan dia sudah sering bermusyawarah dengan tokoh masyakat dan Walinagari Paritmalintang untuk pembebasan lahannya. “Kalau masalah tanah tentu sudah aman. Makanya kami memulai mengukur sekarang,” tandasnya.

Ali Mukhni berharap, setelah penanbahan gedung itu diajukannya tahun ini ke Pemerintah Pusat, anggaran dapat turun tahun 2018. “Ini contoh mimpi besar yang saya maksudkan untuk membangun dan menjadikan sesuatu lebih baik,” tandasnya.

Menyikapi itu, Dirut RSUD Paritmalintang Lismawati Rasyid mengatakan, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan dinas terkait dalam pembenahan lingkungan RSUD.

“Untuk penataan taman, kami akan mengundang Dinas LHPKPP nantinya. Sedangkan untuk pembuatan struktur fisik fasilitas taman, kami akan koordinasi dengan Dinas PUPR Padangpariaman. Saran Pak Bupati sangat memotivasi kami,” katanya. (r/h)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.