Header Ads

jasa

Yurisman SP MM: Bergerak Cepat, Insya Allah Hasilnya Hebat

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman berdialog dengan petani saat melakukan monitoring ke lapangan 
Lubuk Alung, CanangNews -- Dalam menyukseskan upaya mencapai swasembada pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan penanaman serentak dan percepatan tanam. Pencanangannya secara simbolik dilaksanakan di Nagari Pungguang Kasiak Kecamatan Lubuk Alung, Sabtu (11/2/2017), dihadiri Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Ir Candra MSi.

Pada kesempatan itu Kadis Pertanian Sumbar menyampaikan apresiasinya kepada Kabupaten Padang Pariaman yang telah berhasil mencapai luas tanam dengan persentase 102 persen. Namun, ia mengingatkan tidak boleh berpuas diri karena tanggungjawab Dinas Pertanian bukan hanya di bidang tanaman padi saja melainkan juga palawija dan sayuran.

“Artinya semua jajaran Dinas Pertanian pun bertanggungjawab mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan sehingga kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi tanpa terpengaruh fluktuasi harga,” ujar Candra.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman Yurisman SP MM menyatakan terimakasih kepada Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 0308 Parriaman yang sangat antusias dan bersemangat bekerjasama serta ikut menjadi pelaku pertanian di Padang Pariaman.



Kegiatan Pencanangan Tanam Serentak di Nagari Pungguang Kasiak

Setelah pencanangan tanam serentak dan percepatan tanam, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman beserta jajaran melakukan monitoring ke lahan-lahan sawah guna meninjau sejauh mana gerakan ini direalisasikan di lapangan. Monitoring dilakukan di Kecamatan Ulakan Tapakis, di antaranya kegiatan pengolahan sawah, menyemai sampai tanam.

Melihat geliat petani dan petugas beserta TNI di lapangan, Selasa (14/2/2017), Yurisman menyatakan optimis di Kecamatan Ulakan Tapakis lebih 500 hektar tertanam pada rentang waktu satu minggu ini bahkan bisa sampai 750 hektar karena sebagian besar lahan sawah telah diolah dan sebagian besar telah membuat persemaian berumur 10 hari.

"Ayo turun ke lapangan, cek di tempat tugas masing-masing untuk swasembada pangan Padang Pariaman. Dengan bergerak cepat, insya Allah hasilnya hebat," pinta Yurisman melecut semangat para petugas di lapangan. (Riska SP MP)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.