Header Ads

jasa

Serapan Anggaran Pemko Payakumbuh Melebihi Dari Target

Payakumbuh Canangnews---Sebagai bukti di lapangan bahwa  kinerja Pemerintah Kota Payakumbuh dari tahun-ke tahun semakin baik. Prestasi ini terlihat dari sisi serapan anggaran belanja daerah, baik belanja langsung maupun tidak dari laporan Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) bulanan yang disampaikan ke Pemerintah Pusat.

Sebagaimana yang diinformasikan Kepala Bagian Pengendalian Pembangunan, Meizon Satria di Balaikota Payakumbuh, Rabu (8/2) siang. Serapan realisasi anggaran fisik maupun keuangan melebihi yang ditargetkan, dimana pada tahun 2016 realisasi fisik mencapai 99,54 % dari target 98 % dan realisasi keuangan mencapai 94,34 % dari target 93 %.

Menurut Kabag Meizon bahwa, hal ini tidak lepas dari arahan duet kepemimpinan Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota Suwandel Mukhtar. “Program- program pembangunan yang direncakan semua terlaksana dengan baik dan banyak menyentuh pada kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat,” ungkap Meizon Satria

Program pembangunan tersebut diantaranya rehabilitasi/peningkatan irigasi hampir di semua segmen. Normalisasi sungai, pembangunan/peningkatan jalan hampir di semua ruas, pembangunan saluran drainase jalan, pembangunan gedung icu,iccu, nicu rs.adnan wd, pembangunan pasar rakyat  di padang kaduduak, revitalisasi pasar pusat pertokoan blok barat, pembangunan jalan usaha tani, dan lain sebagainya.

Pada tahun 2016 tersebut sudah dilaksanakan lelang pengadaan barang dan jasa melalui lpse kota payakumbuh sebanyak 120 paket pekerjaan dengan nilai paket lebih kurang rp. 127 milyar . Nilai tersebut belum termasuk yang dilaksanakan dengan metoda pengadaan langsung termasuk yang melalui proses katalog elektronik.

Dalam rangka transparansi pengadaan barang/jasa pemerintahdi tahun 2017, Pemko Payakumbuh sudah mengumumkan rencana umum pengadaan (RUP) seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Bagi rekanan/penyedia barang jasa pemerintah sudah dapat melihat paket-paket pekerjaan yang dilaksanakan pada tahun 2017 ini melalui web https://sirup.lkpp.go.id/sirup.

Dan pada tahun 2017 ini pula dalam rangka percepatan e-Tendering, LPSE kota Payakumbuh berencana akan menggunakan metoda e-Lelang cepat dimana nantinya penyedia hanya memasukan penawaran harga.

Dan Meizon kembali mengingatkan seluruh rekanan untuk yang mendaftrkan dan mengisikan seluruh data perusahaannya dalam aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP) di websitehttps://sikap.lkpp.go.id. Untuk tahun ini pula LPSE kota Payakumbuh juga ditunjuk menjadi pilot project e-Katalog lokal bersama 30 LPSE seluruh indonesia dari 644 lpse.

“Penunjukan Payakumbuh sebagai salah satu pilot project e-katalog lokal dikarenakan tahun 2016, berhasil meraih penghargaan National Procurement Award dari LKPP RI, pungkas Meizon Satria mengakhiri(Sardi)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.