Header Ads

jasa

Rakerda KNPI Padang Pariaman: Boleh Mengeritik Tetapi Tawarkan Solusi

Sembari menyerahkan SKT, Bupati Ali Mukhni salam komando dengan Ketua DPD KNPI Padang Pariaman Muhammad Iqbal SE. Tampak ikut menyaksikan antara lain Ketua MPI KNPI Vifner SH MH dan Ketua DPD KNPI Sumbar Defika Yufiandra SH MKn 

PARITMALINTANG, CanangNewsMenyaksikan anak-anak muda merumuskan dan menyusun program kerja organisasi seperti melihat para pendiri bangsa ini mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Mereka berdiskusi dengan penuh semangat, argumentatif dan diplomatis.

Kesan itu tampak dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2017 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Padang Pariaman. Kegiatan itu berlangsung di Aula Gedung Sekretariat Daerah, Paritmalintang, Sabtu (4/2/2017), dibuka secara resmi oleh Bupati Ali Mukhni.

Ketika menyampaikan pengarahan, Bupati Ali Mukhni menyatakan apresiasi dan sambutan positif terhadap inisiatif penyelenggaraan rakerda tersebut. Ia menyebutkan, para pemuda memang seharusnya membuat perencanaan dengan cerdas dan terukur agar pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Menyikapi kondisi bangsa dengan seliweran beragam informasi melalui berbagai media akhir-akhir ini, Bupati mengingatkan para pemuda dan pemudi hendaknya cerdas pula dalam merespons. “Jangan asal menyebarkan atau membagikan link informasi melalui media sosial. Pelajari dulu, bernilai positif atau justru akan berdampak negatif,” pintanya.

Ali Mukhni pun tak menampik jika para pemuda selayaknya  bersikap kritis terhadap program kerja dan kebijakan pemerintah dalam pembangunan bangsa dan daerah. Sebab, kritikan yang diberikan akan menjadi spirit bagi aparatur penyelenggara pemerintahan.

“Namun, dalam mengeritik hendaknya menyertai dengan tawaran solusi cerdas. Ketika anda melihat kesalahan seseorang, pada saat itu sesungguhnya ananda memiliki pemikiran bagaimana  orang itu seharusnya bersikap, berbicara atau bertindak. Tawarkan solusi tersebut,” cetus Ali Mukhni.

Ia pun mengajak Ketua KNPI beserta jajarannya agar bersinergi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Banyak hal yang dapat dilakukan untuk percepatan pembangunan guna mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Misalnya bergotong-royong bersama dan meramaikan masjid untuk menunaikan shalat berjamaah, terutama pada waktu subuh.”

Pada kesempatan itu Bupati Ali Mukhni menyerahkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) kepada Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Padang Pariaman Muhammad Iqbal SE. SKT itu diterbitkan oleh dan ditandatangani Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik H Yusmanda SE MPd.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Rakerda Masrudi Suryanto melaporkan, kegiatan itu diikuti oleh seluruh pengurus KNPI Kabupaten dan 17 Kecamatan beserta semua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang berhimpun ke dalam KNPI. Selain itu, panitia juga mengundang Ketua DPD KNPI Provinsi Sumbar dan semua Ketua OSIS SMA / SMK sebagai peninjau.

“Rakerda dijadwalkan berlangsung satu hari penuh dengan agenda utama merumuskan dan menyusun program kerja untuk tiga tahun ke depan,” ujar Masrudi.


Usai membuka rakerda secara resmi dengan pemukulan gong, Bupati Ali Mukhni mengajak para Pengurus KNPI makan siang bersama di ruangan kerjanya. Selanjutnya, dengan dipandu Redaktur Pelaksana CanangNews Zakirman Tanjung, berlangsung diskusi di meja makan hingga 1,5 jam. (Ajo) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.