Header Ads

jasa

KSAL Dianugrahi Gelar Sangsako Adat Sutan Panglimo Pincalang Sati


Pariaman Canangnews --- Walikota Pariaman yang juga sebagai Ketua LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) Kota Pariaman memimpin rapat kesepakatan LKAAM Kota Pariaman dan KAN (Kerapatan Adat Nagari) se Kota Pariaman, dalam hal memberikan gelar Sangsako adat  kepada KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.Ap, yang akan datang ke Kota Pariaman dalam rangka meresmikan Monumen TNI AL Kota Pariaman pada tanggal 8 Maret 2017 mendatang, bertempat di ruang rapat walikota Pariaman, kamis sore, 16/2.



Dalam kesempatan ini Ketua LKAAM menerangkan tentang maksud dan tujuan kedatangan KSAL di Kota Pariaman. ia juga mengatakan, kenapa tidak sekalian LKAAM memberi  gelar sangsako kepada beliau, yang mana untuk peruntukan gelar sangsako ini sudah sesuai dengan AD/ART (Anggaran Dasa/Anggaran Rumah Tangga) LKAAM Kota Pariaman yang dijelaskan pada pasal 8 ayat 6 yang berbunyi “LKAAM Kota pariaman dapat memberikan gelar Sangsako adat kepada orang, lembaga, badan, yang berjasa dalam melestarikan adat dan budaya minangkabau di Kota Pariaman”, ungkapnya .

“Kota Pariaman dulunya adalah basis angkatan laut pertama di Pulau Sumatera dan berperan sangat fital dalam mempertahankan Kota Pariaman dari agresi meliter II belanda di tahun 1949. Dan pada pertempuran tersebut gugur sebanyak 46 pejuang TNI AL , yang bertempur dengan gagah berani, dan ke 46 pejuang tersebut dimakamkan di Taman Makan Pahlawan, Rawang” ulas Mukhlis Rahman.

Diresmikannya Monumen TNI AL Kota Pariaman yang disertai dengan bantuan dari KSAL, I buah Tank dan 2 buah meriam tembak di Monumen tersebut, akan menjadi sebuah warisan sejarah bagi generasi saat ini, dan hal ini sama dengan berjasa dalam pelestarian budaya, kerena telah mambangkik batang tarandam sejarah perjuangan TNI AL di Kota Pariaman, ungkapnya.

Pada ajang rapat ini, diadakan diskusi tentang kesepakatan bersama pengurus LKAAM dan KAN se Kota Pariaman, dan dapat disepakati bahwa LKAAM dan KAN Kota Pariaman menytujui memberikan gelar Sangsako Adat kepada KSAL  Laksamana TNI Ade Supandi, SE, M.AP dengan gelar yang disepakati bersama, setelah beberapa usulan nama gelar yang dikemukakan para ninik mamak LKAAM ini, yaitu dengan nama Sutan Panglimo Pincalang Sati.

Hadir dalam rapat ini Utusan dari Lantamal II Padang yang dipimpin Mayor Edison, Sekretaris LKAAM Kota Pariaman Priyaldi, Bundo Kanduang Kota Pariaman Ar Rahmi, Pengurus LKAAM dan KAN, Camat dan Kabag se Kota Pariaman. (**)




  



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.