Header Ads

jasa

Kepala Baperlitbangda Ali Amran: Musrenbang Kecamatan Dimulai Rabu Depan

Ir Ali Amran MP (kanan) saat mewakili bupati menerima kunjungan Pemkab Ciamis di Kantor Bupati Padang Pariaman

PARITMALINTANG, CanangNewsPerencanaan yang baik dengan melibatkan semua unsur masyarakat akan sangat menentukan kualitas pembangunan ke depan. Dengan kata lain, masyarakat sebagai pemilik kepentingan seharusnya melibatkan diri secara aktif dalam proses perencanaan pembangunan.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Padang Pariaman Ir Ali Amran MP mengemukakan hal itu dalam perbincangan dengan wartawan CanangNews, Minggu (5/2/2017).

Menurutnya, musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) untuk tahun 2018 tingkat nagari sudah selesai dilaksanakan pada 103 nagari, akhir Januari lalu. Selanjutnya, musrenbang tingkat kecamatan akan dimulai Rabu 8 Februari depan pada 17 kecamatan.

“Setiap hari kerja akan ada satu atau dua kecamatan yang melaksanakan musrenbang. Sama seperti musrenbang nagari, di tingkat kecamatan juga akan difasilitasi oleh tim dari Baperlitbangda,” ujarMantan Kepala Dinas Pertanian dan Asisten Ekbang Kesra Setdakab ini.

Pada musrenbang nagari, lanjut dia, panitia menampung dan mencatat semua usulan yang disampaikan elemen masyarakat, kemudian dibahas bersama untuk mencapai kesepakatan. Selanjutnya, pada tingkat kecamatan, hasil musrenbang semua nagari dibahas lagi, di-sinkron-kan, lalu menjadi dokumen usulan ke musrenbang tingkat kabupaten.

Dalam musrenbang tingkat kabupaten, Maret nanti, papar Ali Amran, dokumen usulan ke-17 kecamatan dibahas dan disinkronkan lagi, termasuk dengan usulan-usulan organisasi perangkat daerah (OPD) seperti dinas-dinas dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD. Hasil musrenbang inilah yang akan menjadi bahan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2018.


“Tidak hanya sampai di situ, dalam musrenbang kabupaten juga akan dibahas usulan yang akan diajukan pada musrenbang provinsi dan nasional sebagai bahan untuk RAPBD provinsi dan RAPBN,” kata pria kelahiran 19 Juni 1962 ini. (zast)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.