Header Ads

jasa

Inovasi Teknologi Informasi, SMAN 1 Lubuk Alung Meluncurkan Rapor Online

Kepala SMAN 1 Lubuk Alung Dian Mulyati menandatangani
naskah kesepakatan dengan Komite Sekolah

PADANG PARIAMAN, CanangNews  – SMA Negeri 1 Lubuk Alung merupakan satu unit sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Dalam satu dasawarsa ini banyak inovasi dan prestasi yang ditorehkan lembaga pendidikan yang dikepalai Dra Hj Dian Mulyati MPd ini.

Terakhir, SMAN 1 Lubuk Alung mengadakan terobosan dalam pemanfaatan teknologi informasi. Seluruh siswa dan orangtua mereka diundang untuk berkumpul di sekolah guna melihat rapor mereka secara online melalui smartphone masing-masing atau komputer yang sudah disediakan pihak sekolah.

Hari itu, Sabtu 24 Desember 2016, menjadi hari yang bersejarah bagi SMAN1 Lubuk Alung.Sekolah yang pernah mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2015 ini benar-benar memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memudahkan manajemen sekolah, mempermudah tugas guru dan transparansi informasi, di antaranya dengan me-launching aplikasi rapor online, di antara fitur yang ada di Schoolmedia.

Kepala SMAN 1 Lubuk Alung, Dra Hj Dian Mulyati Syarfie MPd sengaja mendatangkan Ilman Nafia dan Harpendi Putra, dua fasilitator dari Schoolmedia.

Ketika dihubungi wartawan CanangNews, Selasa (31/1/2017), Ilman Nafia menjelaskan, tujuan pertemuan tersebut agar para orangtua siswa bisa langsung mendengar penjelasan fitur-fitur yang tersedia hingga akhirnya sampai ke puncak kegiatan, yaitu melihat rapor siswa secara langsung, cukup dengan menggunakan smartphone dan komputer yang terkoneksi dengan internet.

Menurutnya, schoolmedia merupakan website aplikasi pendidikan yang dilengkapi dengan network sosial. Schoolmedia menghubungkan masyarakat dengan komunitas sekolah untuk saling berbagi pengetahuan.

“Schoolmedia tempat bertemunya lembaga dan individu, antara guru, siswa, orangtua siswa, alumni sekolah, personil lembaga dan masyarakat umum untuk saling berinteraksi dan saling memberikan manfaat. Tujuannya antara lain memberikan konstribusi terhadap kemajuan pendidikan melalui layanan pendidikan berbasis teknologi informasi komputer,” ujar Ilman.

Harpen di menambahkan, respons dari orang tua dan siswa sangat positif. Orangtua siswa Kelas XI misalnya, menyatakan sangat mendukung program ini dan berharap dengan penerapan schoolmedia, guru-guru bisa jujur dalam memberikan nilai dan informasi-informasi lainnya karena transparan.

Orangtua siswa lain yang merupakan Dekan FPMIPA di salah satu universitas di Sumatera Barat, lanjut dia, juga ikut mengapresiasi Schoolmedia dan SMAN 1 LubukAlung yang berani membuat gebrakan positif, "Saya senang karena bisa melihat perkembangan anak saya hanya dengan menggunakan handphone".

Siswa pun juga mengaku bangga karena sekolah yang menjadi tempat belajar mereka semakin maju. Hal ini juga membuat Ilman sebagai pihak dari Schoolmedia merasa terhormat dan bahagia karena schoolmedia bisa diterima secarapositif di lingkungan sekolah, orangtua dan siswa.

Dengan kemajuan terknologi saat ini, sangat diharapkan sekolah-sekolah lain untuk semakin kreatif dan bijak dalam menerima perkembangan zaman.

SMAN 1 Lubuk Alung sudah membuktikan bahwa sekolah mampu memanfaatkan kemajuan teknologi, bagaiman dengan sekolah-sekolah lain? “Schoolmedia saat ini telah sukses dimanfaatkan oleh banyak sekolah dari Aceh sampai Papua,” terang Harpendi yang akrab dengan sapaan Arie ini. (Zast)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.