Header Ads

jasa

Pemkab Lima Puluh Kota, Fokuskan Pembangunan Pada Lima Sektor

Lima Puluh Kota, Canangnews--- - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota,  memfokuskan pembangunan daerah pada lima sektor, program tersebut diharapkan dapat memacu percepatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
   
Hal tersebut di kemukakan oleh bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi saat dihubungi di Sarilamak, Sabtu mengatakan lima sektor tersebut adalah pertanian, pariwisata, perizinan, penguatan nagari (desa adat), dan pembenahan birokrasi.

Menurutnya, kelima sektor pembangunan tersebut diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyebutkan pertanian, pariwisata, dan perizinan jika maju, maka secara lansung akan memberikan pengaruh terhadap masyarakat Limapuluh Kota, terutama yang berada di sekitar lokasi pertanian, usaha serta destinasi wisata.

Untuk sektor pertanian cukup mendominasi di kabupaten tersebut, dimana mayoritas masyarakat setempat berprofesi sebagai petani, jika pertanian maju masyarakat akan sejahtera. Begitu juga pariwisata, banyak destinasi yang dapat diolah, salah satunya Lembah Harau.

"Jika wisatawan banyak datang ke Limapuluh Kota, maka yang pertama kali merasakan dampaknya adalah mereka yang berada di sekitar lokasi wisata," kata dia.

Begitu juga untuk sektor penguatan nagari dan pembenahan birokrasi, sebab nagari sebagai ujung tombak pemerintahan harus diberdayakan, begitu juga untuk urusan birokrasi.

Kemudian yang juga tidak kala penting adalah ekonomi kerakyatan, berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM) harus didorong agar bisa tumbuh dan berkembang baik, sebab UMKM menjadi salah satu sektor yang dapat menyejahterakan masyarakat.

Ia optimis untuk menyejahterakan masyarakat Limapuluh Kota pada tahun kedua kepemimpinannya bersama Wabup Ferizal Ridwan.(Sardi)



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.