Header Ads

jasa

Dasa Wisma Talago Wakili Limapuluh Kota ke Sumbar

Lima Puluh Kota, Canangnews---Dasawisma merupakan kelompok dalam PKK yang memiliki peran strategis mewujudkan keluarga sejahtera. Selaku ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK, kelompok Dasa  Wisma diharapkan terus berbuat untuk terwujudnya masyarakat yang sehat, maju, mandiri dan sejahtera.

 Demikian Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dalam penyampaiannya ketika menyerahkan hadiah juara pertama lomba Dasa Wisma tingkat Kabupaten Limapuluh Kota kepada Kelompok Dasa Wisma Strowberi 2 Jorong Talago Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguak, sekaligus meninjau kesiapan kelompok itu dalam lomba tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 di Kampung Payobadar Talago, Minggu (12/2).

“PKK merupakan salahsatu organisasi yang sangat memberikan manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Dasa Wisma merupakan kelompok yang paling berperan di dalam PKK. Karenanya, kita sangat mendukung keberadaan Dasa Wisma tersebut,” ujar Irfendi.

Dikatakan, Dasa Wisma dapat melakukan berbagai kegiatan yang antara lain di bidang pertanian, kerajinan, sosial dan sebagainya. Tak kalah pentingnya, kelompok ini dapat menggugah dan  memotivasi masyarakat terutama kaum ibu untuk merubah kearah yang lebih baik.

 “Kita mengapresiasi berbagai bentuk kegiatan positif yang telah dilakukan Dasa Wisma Strowberi 2. Tidak saja mempunyai usaha kerajinan, industri kuliner, pertanian dan kegiatan keagamaan, kelompok yang beranggotakan kaum ibu itu juga mempunyai kegiatan sosial dan kerja bakti,” ujar Irfendi yang dianggukan Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ny. Monalisa Irfendi Arbi.

Menyimak perannya di tengah masyarakat, sela Monalisa, tentunya Dasa Wisma Strowberi 2 perlu di dukung secara optimal. Apalagi kelompok itu selama ini tidak saja menjadi tempat arisan, pengajian dan sosial, tapi juga menjadi wadah pelatihan berbagai kerajinan yang bisa menjadi sumber ekonomi bagi para ibu rumah tangga.

“Khusus Dasa Wisma Strowberi 2, tentunya patut menjadi contoh bagi kelompok dasa wisma lainnya,” ujar Monalisa sembari berharap ke depan Dasa Wisma Strowberi 2 menjadi pusat kegiatan seperti Posdaya, serta melakukan kegiatan pengolahan sampah organik dan lainnya.

Pada kesempatan itu Irfendi dan Monalisa menyerahkan bantuan bagi Dasa Wisma Strowberi 2 sebesar sebesar Rp5 juta, serta meninjau langsung kebun dan kerajinan tangan kelompok tersebut.

Sebelumnya Ketua Dasa Wisma Strowberi 2 Rosneti di dampingi Camat Guguak Fidria Pala, Wali Nagari VII Koto Talago Yon Hendri dan Kepala Jorong Talago Busti Almen kepada wartawan menyebut, setelah tampil menjadi yang terbaik di Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2016, kelompok Strowberi 2 akan mengikuti lomba tingkat Provinsi Sumbar pada Selasa (14/2), (hari ini red). Menyimak berbagai keunggulan kelompoknya, Rosneti optimis Strowberi 2 akan mampu merebut predikat di Sumbar.

“Kami optimis menjadi juara di Provinsi Sumatera Barat. Keunggulan kami antara lain melakukan kegiatan secara terus menerus dalam waktu yang sudah terbilang lama dan bukan masak karbitan. Sebelum menjadi Dasa Wisma mulai tahun 2014 silam, kelompok ini sudah ada dengan nama Jiran (kelompok sepesukuan) sejak zaman nenek moyang dulu,” papar Rosneti.

Tak hanya tahun 2016, Strowberi 2 juga sudah pernah merebut juara pertama tingkat Limapuluh Kota tahun 2015, tetapi tidak berhasil masuk nominasi tingkat Sumbar. Dengan kondisi sekarang, kelompok ini optimis mewakili Sumbar untuk tingkat Nasional.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan para anggota Strowberi 2 antara lain memanfaatkan seluruh pekarangan secara optimal. “Dalam hal ini Strowberi 2 telah melaksanakan HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan NYAman),” sela Busti Almen.

Selain itu, kelompok ini juga sudah memiliki koperasi simpan pinjam, melaksanakan wirid pengajian bulanan, memiliki kongsi kematian dan kegiatan sosial lainnya. Tak kalah menariknya, melaksanakan berbagai kerajinan dari barang bekas menjadi taplak meja, tas keterampilan merajut, border dan sulaman. Disamping itu juga memproduksi berbagai makan dan kuliner spesipik seperti rendang dan keripik, serta melaksanakan budidaya tanaman pertanian.

“Produk yang kami hasilkan itu cukup mampu memberikan pemasukan tambahan bagi keluarga. Begitu pula hasil panen pertanian kelompok, ternyata juga mampu menutupi kebutuhan kelompok seperti untuk menjenguk orang sakit dan lainnya,” kata Rosneti.

Rosneti mengaku sangat berterimaksih kepada Bupati Irfendi dan Ketua PKK Monalisa yang turun langsung memberikan pembinaan dan motivasi kepada kelompok dasa Wisma yang mayoritas beranggotakan kaum lansia tersebut. (Sardi)




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.