Header Ads

jasa

Bupati Irfendi Arbi Louncing Olahan Coklat Nagari.sei Talang Guguak


Lima Puluh Kota, Canangnews---Nawa Cita Jokowi yang berisi sembilan agenda prioritas. Salah satunya "Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional".

Untuk merefleksikan agenda tersebut dirancang pembangunan "Scinece Park dan Techno Park", kata Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi pada pertemuan dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Sumatera Barat dan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kecamatan Guguak di ruang kerja Sarilamak, Kamis(16/2).

Upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani dilakukan melalui berbagai program dan pendekatan. Salah satu program yang dijalankan Kementerian Pertanian saat ini adalah pengembangan Taman Teknologi Pertanian (TTP), ucap Irfendi Arbi.

“kita namakan produk olahan coklat Nagari Sungai Talang Kecamatan Guguak dengan Nama Coklat Limo Puluah”, kata Irfendi Arbi.

Hasil yang diangkat kali ini adalah produk olahan coklat yang dikemas secara modern, dalam bentuk lemak dan gel, penerapan inovasi teknologi langsung di area kawasan lahan pertanian milik masyarakat.

Lemak kakao ternyata lebih ajib lagi. Kita punya dua opsi, antara membiarkannya tetap menjadi lemak coklat murni atau malah mencampurkan lemaknya dengan susu dan gula. Lemak coklat yang tetap murni, dimampatkan menjadi coklat batangan maupun dicetak menjadi coklat praline, kemudian akan disebut dark chocolate. Sedangkan lemak coklat yang dicampurkan dengan susu dan gula akan menjadi white chocolate.

“hasil yang di kemas dalam bentuk kemasan, Original dan 3 in 1(sudah dicampur dengan gula)”, diharapkan pdroduksi dapat dikembangkan dalam bentuk lain, kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Ir.Aprizul Nazar.

Kedepan olahan coklat akan dikembangkan dengan produknya berupa cokelat batangan, minuman cokelat instan, bahan pencampur susu bubuk dan bahan pembuatan kue, juga digunakan untuk bahan baku industri kosmetik, seperti sabun dan industri farmasi, lanjut Ir.Aprizul Nazar.(Sardi)




Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.