Header Ads

jasa

Wako Mukhlis Apresiasi Permainan Tradisional


Pariaman,Canang News—Permainan tradisional di kalangan anak anak perlu di tumbuhkan kembali hal ini azas manfaatnya baik dalam berinteraksi dan berkomunikasi .hal tersebut di sampaikan wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman ketika menutup rangkaian capacity building (pengembangan fasilitasi) Forum Anak Kota Pariaman yang digelar sejak 24-26 Januari 2017. di SDN 19 Kampung Baru Kota Pariaman, Kamis (26/1) .

 Dijelaskan bahwa ditimbulkannya kembali permainan tradisional di kalangan anak-anak SD ini. Diharapkan mereka tidak terlalu ketergantungan dengan gadget yang selama ini menjadi mainan modern yang tiap hari mereka mainkan dan ini harus terus digiatkan agar permainan ini tidak hilang ditelan waktu,” tukas Mukhlis Rahman. Banyak manfaat positif dari permainan tradisional ini mulai dari interaksi sosial, kerja sama, sportif dan bisa juga untuk berolahraga.

 “Mari kita lestarikan kembali permainan tradisional yang ada di daerah kita. Jangan sampai permainan ini nantinya hilang ditelan zaman, diganti dengan gadget yang hanya individual saja. Karena itu sesuai dengan tema kali ini. Ayo simpan gadgetmu, mari bermain tradisional,” pungkasnya.

Saat ini Kota Pariaman telah meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) kategori madya dan dengan aktifnya kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Anak Kota Pariaman. "Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi atas upayanya menumbuhkan kembali permainan tradisional dalam acara "capacity building" kali ini," katanya.

 Adapun permainan tradisional yang dimainkan seperti tangkelek, balapan tampurung, tarik batang kelapa, engrang, patok lele, joli-joli, kuciang-kuciang, congklak, pacah piring, main batu, lompat karet, maen ketapel, dll, yang membuat suasana menjadi meriah dan diiringi gelak tawa.(***)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.